IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KAWASAN TERBANGUN DI KECAMATAN GUNUNGPATI DALAM PERATURAN DAERAH KOTA SEMARANG


Lutfiana, 8111417355 (2022) IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KAWASAN TERBANGUN DI KECAMATAN GUNUNGPATI DALAM PERATURAN DAERAH KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111417355 - Lutfi Ana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kecamatan Gunungpati merupakan salah satu wilayah dataran tinggi di Kota Semarang. Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Semarang Tahun 2011-2031 Kecamatan Gunungpati ditetapkan sebagai daerah pelindung, penyangga, dan daerah budidaya pertanian. Hal ini berarti kawasan Gunungpati mempunyai peran sebagai daerah resapan air sehingga melindungi daerah kota Semarang bagian bawah dari ancaman bencana banjir yang sering melanda Kota Semarang. Kecamatan Gunungpati saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan dibangunannya fasilitas-fasilitas umum serta bangunan lainnya yang menjadikannya sebagai kawasan terbangun. Terbangunnya Kecamatan Gunungpati menjadikan lahan yang seharusnya digunakan sebagai kawasan resapan air semakin berkurang. Dengan adanya masalah tersebut maka diperlukan pengendalian pemanfaatan ruang serta perlindungan kawasannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian pemanfaatan ruang dan perlindungan kawasan terbangun Kecamatan Gunungpati dalam upaya untuk menanggulangi bencana banjir di wilayah Kota Semarang. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif melalui pendekatan yuridis empiris. Jenis dan sumber data penelitian yang dipakai yaitu data primer dan data sekunder. Data yang didapat melalui wawancara dengan narasumber dan studi kepustakaan dari Undang�Undang atau peraturan lainnya, buku-buku, jurnal, serta sumber ilmiah lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan pengendalian bencana banjir dengan cara pengendalian kawasan terbangun berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 14 tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Semarang Tahun 2011-2031. Pengendalian bencana banjir dengan cara pengendalian kawasan terbangun di Kecamatan Gunungpati berupa pengendalian penataan ruang dan pengelolaan air hujan serta sistem drainase dapat menjaga kawasan Kecamatan Gunungpati agar tetap dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Implementasi Peraturan Daerah Kota Semarang, Pengendalian, Kawasan Terbangun Kecamatan Gunungpati
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:09
Last Modified: 18 Jan 2023 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55278

Actions (login required)

View Item View Item