HUBUNGAN CELEBRITY WORSHIP DENGAN SOCIAL NETWORKING SITES ADDICTION PADA REMAJA PENGGEMAR K-POP


Aulia Sabrina, 1511415076 (2022) HUBUNGAN CELEBRITY WORSHIP DENGAN SOCIAL NETWORKING SITES ADDICTION PADA REMAJA PENGGEMAR K-POP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511415076 - Aulia Sabrina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini banyak remaja penggemar K-pop yang sering menggunakan social networking sites untuk mencari tahu keseharian idolanya dalam rangka pemenuhan dan pemuasan diri untuk mendapatkan kesenangan. Akan tetapi sebagian dari remaja terlarut dengan kesenangan tersebut dan menjadi terobsesi dengan idolanya serta memunculkan celebrity worship. Adanya celebrity worship membuat remaja menjadi terikat dengan idolanya dan semakin bergantung dengan social networking sites yang menjadi penghubung antara penggemar dengan selebriti favoritnya. Hal ini memicu penggunaan social networking sites yang tidak terkendali dan menjadi kecanduan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan celebrity worship dengan social networking sites addiction pada remaja penggemar K-pop. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling,dengan 534 subjek yang berusia 12-23 tahun. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala social networking addiction scale (SNAS) dengan reliabilitas 0,914 dan celebrity attitude scale (CAS) dengan reliabilitas 0,897. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima dengan nilai koefisien korelasi pearson’s (r) sebesar 0,309 dan p-value <0,001. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara celebrity worship dan social networking sites addiction. Semakin tinggi celebrity worship maka semakin tinggi social networking sites addiction atau semakin rendah celebrity worship maka semakin rendah pula social networking sites addiction yang ada pada remaja. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat social networking sites addiction remaja penggemar K-pop ada pada tingkat tinggi dengan 56,55% dan tingkat celebrity worship remaja penggemar K-pop ada pada tingkat sedang dengan 73,41%

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: celebrity worship, social networking sites addiction, K-pop
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 18 Jan 2023 00:01
Last Modified: 18 Jan 2023 00:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55248

Actions (login required)

View Item View Item