PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI DI KELAS I SD NEGERI PADASUGIH 02 KABUPATEN BREBES


Anindya Viva Amalia, 1401418418 (2022) PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI DI KELAS I SD NEGERI PADASUGIH 02 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418418 - Anindya Viva Amalia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi menjadi salah satu penyebab menurunnya hasil belajar siswa. Setelah pandemi terjadi, pemerintah berupaya semaksimal mungkin agar pembelajaran dapat dilaksanakan tanpa menyulitkan guru, siswa, dan orang tua siswa. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah yaitu dengan menetapkan pembelajaran tatap muka yang dibatasi oleh waktu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 8, yaitu kepala sekolah, guru kelas I, dan enam siswa kelas I. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif yang dikemukakan oleh Miles & Huberman. Keabsahan data menggunakan uji credibility, transferbility, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada masa pandemi dilaksanakan dengan mempersiapkan rancangan pembelajaran, mempersiapkan sarana dan prasarana, serta berpedoman pada Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model blended learning atau gabungan model pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar kepala sekolah melalui kebijakannya dapat memperketat protokol kesehatan saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah sesuai dengan ketentuan yang ada pada surat edaran, melengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran, serta orang tua yang memberikan masukan kepada siswa untuk memakai masker pada saat melakukan pembelajaran di kelas. Hal tersebut dilakukan, agar pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pandemi, persiapan pembelajaran, model pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat serta solusi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 09:00
Last Modified: 17 Jan 2023 09:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55243

Actions (login required)

View Item View Item