ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SD/MI KELAS VI TERHADAP STANDAR ISI


Halimatusa’diyah, 1401418417 (2022) ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SD/MI KELAS VI TERHADAP STANDAR ISI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418417 - Halimatusa'diyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Buku teks merupakan buku yang digunakan sebagai sumber pendukung guru dalam proses pembelajaran. Buku teks yang digunakan harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kesesuaian dalam buku teks sangat penting dan perlu diperhatikan, agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan buku teks pelajaran Erlangga Straight Point Series (ESPS) Matematika untuk SD/MI Kelas VI Karya Gunanto & Dhesy Adhalia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesesuaian materi buku teks terhadap standar kompetensi 3 dan 4. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode kepustakaan.Teknik pengumpulan pada penelitian ini yaitu observasidan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis isi. Uji keabsahan yang dilakukan yaitu, triangulasi, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keseluruhan materi pada buku teksErlangga Straight Point Series (ESPS) Matematika untuk SD/MI Kelas VI Karya Gunanto & Dhesy Adhalia sudah sesuai dengan Kompetensi Inti 3, namun masih terdapat beberapa ketidaksesuaian dan perbaikan pada aspek kecakupan materi, keakuratan materi, dan ketaatan hukum dan perundang-undangan. (2) Pada Kompetensi Inti 4, perlu dilakukan perbaikan pada aspek cakupan keterampilan dan aspek akurasi kegiatan. Secara keseluruhanbuku teks pelajaran Erlangga Straight Point Series (ESPS) Matematika untuk SD/MI Kelas VI Karya Gunanto & Dhesy Adhalia dapat dikatan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh BSNP, hanya dalam beberapa bagian dalam bab yang perlu diperbaiki. Saran yang dapat diberikan kepada sekolah adalah agar dilakukan analisis terhadap buku yang akan digunakan dalam pembelajaran. Kepada guru, sebaiknya lebih memperhatikan kriteria materi pada buku teks pelajaran yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Untuk penulis, peneliti menyarankan untuk lebih memperhatikan standar buku yang sesuai dengan BSNP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesesuaian; buku teks; standar isi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:57
Last Modified: 17 Jan 2023 08:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55242

Actions (login required)

View Item View Item