PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SWAY MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 AGLIK PURWOREJO


Faizatun Nisa, 1401418414 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SWAY MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 AGLIK PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418414 - Faizatun Nisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu data dokumentasi hasil belajar siswa pada Penilaian Akhir Semester (PAS) muatan pelajaran IPS semester gasal tahun pelajaran 2021/2022 masih rendah. Salah satu penyebabnya yaitu sumber belajar dan bahan ajar yang kurang lengkap dan kurang bervariasi. Hal tersebut mengakibatkan siswa merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran karena semua bahan ajar yang digunakan berbasis cetak. Siswa membutuhkan alternatif baru untuk mempermudah memahami materi muatan pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini antara lain (1) Mengembangkan desain bahan ajar interaktif berbasis sway muatan pembelajaran IPS kelas V SDN 2 Aglik Purworejo, (2) Menguji kelayakan bahan ajar interaktif berbasis sway muatan pembelajaran IPS kelas V SDN 2 Aglik Purworejo, dan (3) Menguji keefektifan bahan ajar interaktif berbasis sway muatan pembelajaran IPS kelas V SDN 2 Aglik Purworejo. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model dari Borg dan Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 2 Aglik Purworejo, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 2 Aglik Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif berbasis sway berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar. Dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 96% dan kelayakan oleh ahli media sebesar 98% serta memperoleh tanggapan positif dengan persentase tanggapan guru sebesar 84,7% dan persentase tanggapan siswa sebesar 86%. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 13,817 dan ttabel sebesar 1,714 maka thitung > ttabel sehingga Ha diterima. Peningkatan rata-rata (n-gain) sebesar 0,7051 dengan kriteria tinggi, sehingga dapat dinyatakan bahan ajar interaktif berbasis sway efektif digunakan pada muatan pembelajaran IPS. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif berbasis sway berhasil dikembangkan, layak berdasarkan hasil uji kelayakan ahli, dan efektif berdasarkan hasil uji keefektifan. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menerapkan bahan ajar interaktif berbasis sway pada muatan pembelajaran yang lainnya dengan rancangan yang menarik dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi pada bahan ajar, serta lebih kreatif dan inovatif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar interaktif; sway; hasil belajar; IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:54
Last Modified: 17 Jan 2023 08:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55241

Actions (login required)

View Item View Item