PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV, V, DAN VI SD NEGERI KERTABESUKI 01 BREBES


Asih Lestari, 1401418406 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV, V, DAN VI SD NEGERI KERTABESUKI 01 BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418406 - ASIH LESTARI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan tingkat penguasaan materi yang dicapai oleh siswa selama mengikuti proses pembelajaran untuk mewujudkan tujuan Pendidikan yang telah ditetapkan. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah motivasi belajar dan kedisiplinan belajar. motivasi belajar adalah dorongan baik dalam diri maupun dari luar siswa sehingga muncul dorongan yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan belajar. Kedisiplinan yang tinggi akan menjadikan siswa selalu melaksanakan kegiatan belajar secara teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV, V, dan VI SD Negeri Kertabesuki 01 Brebes. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Variabel dalam penelitian ini meliputi hasil belajar matematika, motivasi belajar, dan kedisiplinan belajar. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV, V, dan VI SD Negeri Kertabesuki 01 Brebes dengan jumlah 134 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur untuk menemukan masalah, dokumentasi untuk hasil belajar matematika, dan angket tertutup dengan skala likert 4 untuk motivasi belajar dan kedisiplinan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,776 > 1,983 dan korelasi keduanya sebesar 0,270 atau rendah, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar matematika siswa dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,535 > 1,983 dan korelasi keduanya sebesar 0,248 atau rendah, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 4,123 > 3,090 dan korelasi ganda dalam kategori sedang (0,280). Besarnya pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 7,8%. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh yang signifikansi antara motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika. Maka, semua pihak baik guru maupun orang tua sebaiknya lebih memperhatikan motivasi belajar siswa dan meningkatkan kedisiplinan belajar supaya siswa memiliki semangat belajar yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika; Kedisiplinan Belajar; Motivasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:18
Last Modified: 17 Jan 2023 08:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55240

Actions (login required)

View Item View Item