PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 KUTOARJO
REALITA, 1401418403 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 KUTOARJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil pra penelitian di SDN 1 Kutoarjo yang berupa wawancara, observasi, dan data dokumen ditemukan beberapa permasalahan yakni hasil belajar siswa belum optimal, masih banyak nilai siswa yang dibawah KKM pada materi bangun ruang kubus dan balok dikarenakan belum tersediannya bahan ajar yang menarik yang hanya berbasis cetak yang membuat kurangnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektifan e-modul berbasis flipbook untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Kutoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi dari Sugiyono yang disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan, meliputi delapan tahapan yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Kutoarjo yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis flipbook materi bangun ruang kubus dan balok berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif untuk menigkatkan hasil belajar siswa. E-modul berbasis flipbook dinyatakan layak dengan persentase kelayakan oleh ahli media sebesar 100% dan kelayakan oleh ahli materi sebesar 88% serta persentase tanggapan guru sebesar 100% dan tanggapan siswa sebesar 93,3%. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil data pretest dan posttest serta uji peningkatan rata-rata (n-gain) sebesar 0,433 dengan kriteria sedang, sehingga dapat dinyatakan e-modul berbasis flipbook efektif digunakan pada muatan pembelajaran Matematika. Simpulan dari penelitian ini adalah e-modul berbasis flipbook berhasil dikembangkan, layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang kubus dan balok. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menerapkan e-modul berbasis flipbook pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperhatikan desain tampilan e-modul berbasis flipbook agar lebih baik dan menarik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, flipbook, hasil belajar, matematika |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 08:09 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 08:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55235 |
Actions (login required)
View Item |