KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SUNGAI ANGIT KECAMATAN BABAT TOMAN


Santri Dwi Ulfa, 1401418398 (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SUNGAI ANGIT KECAMATAN BABAT TOMAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418398 - Santri Dwi Ulfa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menciptakan proses pendidikan yang berkualitas adalah melalui proses pembelajaran di sekolah. layaknya fondasi dari sebuah bangunan, pendidikan di sekolah dasar memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilan pendidikan secara keseluruhan. oleh karena itu pembelajaran yang dilakukan harus menarik dengan menggunakan model yang inovatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis Model CTL (Contextual Learning Teaching) berbatuan media video terhadap motivasi dan hasil belajar IPS Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design (desain eksperimen semu). Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan peneliti yaitu nonequivalent control group design. Anggota populasi terdiri dari kelas VA berjumlah 21 siswa sebagi kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol, jumlah seluruhnya ada 40 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample t test dan N-Gain untuk menguji perbedaan dan keefektifan Model CTL (Contextual Teaching and Learning)berbantuan media video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap uji hipotesis hasil perbedaan motivasi antara siswa kelas V yang mendapat pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbnatuan media video dengan pembelajaran yang menggunakan model konvensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis nilai hasil belajar IPS siswa, diperoleh nilai signifikansi (0,000 < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media video lebih efektif dari model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa kelas V dengan diperoleh nilai sebesar 0,69 kategori sedang di kelas eksperimen dan 0,24 di kelas kontrol dengan kategori rendah sedangkan hasil belajar siswa di kelas eksperimen 0,52 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa metode CTL (Contextual Teaching and Learning) layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran dan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa untuk memahami materi pembelajaran pada kelas V SD Negeri Sungai Angit Kecamatan Babat Toman. Peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat menggunakan CTL Contextual Teaching and Learning ini sebagai salah satu media untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL , motivasi, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:50
Last Modified: 17 Jan 2023 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55233

Actions (login required)

View Item View Item