PENGARUH PERHATIAN KEDUA ORANGTUA YANG BEKERJA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DI MASA PAMBELAJARAN DARING SISWA KELAS 2 DI KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI


Nafa Septian Alivia, 1401418395 (2022) PENGARUH PERHATIAN KEDUA ORANGTUA YANG BEKERJA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DI MASA PAMBELAJARAN DARING SISWA KELAS 2 DI KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418395 - Nafa Septian Alivia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada aktifitas pembelajaran, kemampuan membaca dan menulis merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa. Salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas II disebabkan karena siswa kelas II dari awal masuk di bangku SD sudah mengalami pembelajaran daring. Pada pembelajaran secara daring ternyata kurang didukung oleh orang tua siswa yang mayoritas memiliki kesibukan yaitu bekerja karena kebutuhan ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian kedua orangtua bekerja terhadap kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas II SD Negeri Kecamatan Banyudono Wilayah Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuntitatif. Populasi penelitian berjumlah 202 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis Sampling kuota berjumlah 133 siswa. Teknik pengumpulan data menggunkan wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian kedua orangtua bekerja terhadap kemampuan membaca permulaan dengan koefisien korelasi sebesar 0,573; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian kedua orangtua bekerja terhadap kemampuan menulis permulaan dengan koefisien korelasi sebesar 0,737. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara perhatian kedua orangtua bekerja terhadap kemampuan membaca permulaan dan kemampuan menulis permulaan siswa kelas II SDN Negeri Kecamatan Banyudono Wilayah Selatan Kabupaten Boyolali. Saran untuk kedua orang tua hendaknya dapat memberikan perhatian yang maksimal terhadap anak-anaknya meskipun sibuk dalam bekerja, saran untuk guru diharapkan dapat menjalin kerjasama yang baik dengan orangtua siswa, sehingga perkembangan siswa di dapat terkontrol orangtua siswa. Saran untuk siswa agar lebih giat lagi dalam belajar serta mau untuk berlatih dan berusaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orangtua, Kemampuan Membaca , Kemampuan Menulis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:47
Last Modified: 17 Jan 2023 06:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55232

Actions (login required)

View Item View Item