KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA SISWA KELAS IV SDN DI GUGUS MEKARSARI TEMANGGUNG


Nina Ihsanti, 1401418394 (2022) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA SISWA KELAS IV SDN DI GUGUS MEKARSARI TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418394 - Nina Ihsanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra-penelitian di 7 SDN yang terdapat di gugus mekarsari ditemukan permasalahan salah satunya yaitu belum menggunakan media pembelajaran inovatif berbasis teknologi terutama powtoon dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebut dipengarui oleh media pembelajaran yang digunakan sederhana dan kurang inovatif. Peran guru untuk menjadikan pembelajaran matematika yang menyenangkan serta bermakna dengan menggunaan media pembelajaran powtoon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar materi pengolahan data siswa kelas IV SDN di Gugus Mekarsari. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian eksperimen, Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 64 siswa siswa kelas IV SDN Pateken yang berjumlah 22 siswa dan SDN Rejosari yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif, analisis statistik data. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji chi kuadrat, uji independent samples t-test dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus independent samples t test diperoleh nilai thitung > ttabel atau –thitung < -ttabel yaitu 3,105 > 1,998 atau -3,105 < -1,998, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika materi pengolahan data yang mendapatkan pembelajaran menggunakan media powtoon dan media. Uji keefektifan dengan menggunakan uji N-gain diperoleh nilai N-gain pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai N-gain pada kelas kontrol (0,64 > 0,49), disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran powtoon efektif digunakan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Keefektifan; Matematika; Media Powtoon.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:41
Last Modified: 17 Jan 2023 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55226

Actions (login required)

View Item View Item