ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA KELAS VI SDN DUKUHTURI 02 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES


Agung Kurniawan Eko Saputra, 1401418383 (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA KELAS VI SDN DUKUHTURI 02 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418383 - Agung Kurniawan Eko Saputra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap bidang pendidikan Indonesia. Hasil belajar siswa mengalami penurunan dikarenakan pembelajaran yang dilaksanakan secara online tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Pembelajaran online dirasa menyulitkan bagi guru dan siswa selama pembelajaran. Pemerintah Indonesia memberikan solusi yang memudahkan guru dan siswa yaitu dengan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas. Pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan dengan tatap muka secara langsung, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hal ini bertujuan agar pembelajaran tatap muka dapat berjalan lancar dengan resiko penularan Covid-19 yang rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsi (1) Perencanaan pembelajaran tatap muka terbatas kelas VI; (2) Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas kelas VI; (3) Faktor penghambat pembelajaran tatap muka terbatas kelas VI; dan (4) Hasil pembelajaran tatap muka terbatas kelas VI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles & Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran tatap muka terbatas kelas VI yaitu menyiapkan ruang kelas yang bersih dan steril, menyiapkan fasilitas kebersihan dan kesehatan, dan menyiapkan rancangan pembelajaran tatap muka terbatas; (2) pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas kelas VI dengan menggunakan kurikulum darurat, membatasi waktu, menerapkan protokol kesehatan, namun sayangnya tidak membatasi jumlah siswa; (3) Faktor penghambat pembelajaran tatap muka terbatas kelas VI yaitu waktu dan metode pembelajaran yang terbatas; dan (4) hasil pembelajaran tatap muka terbatas kelas VI tergolong baik, karena rata-rata siswa dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Simpulannya, secara keseluruhan pembelajaran tatap muka terbatas yang dilaksanakan di kelas VI SDN Dukuhturi 02 dapat dikatakan cukup baik, karena dapat menunjukkan adanya perubahan yang positif dari hasil belajar siswa, hanya saja memiliki satu kekurangan dimana pembelajaran yang dilaksanakan tidak menerapkan shift kelas. Disarankan kepada kepada sekolah agar sebaiknya lebih menaati peraturan yan berlaku dan lebih memperketat protokol kesehatan. Kepada guru diharapkan dapat mengelola pembelajaran dengan baik, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan mudah, serta kepada siswa diharapkan dapat belajar dengan serius dan tetap menaati protokol kesehatan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kelas VI, pembelajaran, pembelajaran tatap muka terbatas.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:32
Last Modified: 17 Jan 2023 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55224

Actions (login required)

View Item View Item