KEEFEKTIFAN METODE JARIMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MATERI PERKALIAN KELAS II SD DI GUGUS NAKULA KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG


Norra Mutiara Kartikasari, 1401418382 (2022) KEEFEKTIFAN METODE JARIMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MATERI PERKALIAN KELAS II SD DI GUGUS NAKULA KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418382 - Norra Mutiara Kartikasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (819kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian di 5 SD yang tedapat di gugus Nakula ditemukan beberapa permasalahan salah satunya yaitu metode pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar sudah bervariasi tetapi beberapa peserta didik masih belum dapat memahami materi pembelajarannya. Hal tersebut diperkuat dengan nilai siswa menunjukkan persentase 77,9% siswa masih kurang dalam pemahaman materi perkalian dan 22,1% siswa tuntas KKM yaitu 70. Alternatif variasi dalam pembelajaran matematika yang dapat diterapkan oleh guru yaitu metode jarimatika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode jarimatika terhadap pemahaman siswa kelas II SD di Gugus Nakula. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental design) bentuk nonequivalent control group design, dengan populasi 49 yang terdiri dari 29 siswa SD Negeri 1 Mergowati, 20 siswa SD Negeri 2 Kundisari dan 32 siswa yang dijadikan sampel yang terdiri dari 8 SD Negeri 1 Kutoanyar, 10 siswa SD Negeri 2 Mergowati, dan 18 siswa SD Negeri 1 Kundisari. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, dimana semua populasi dijadikan sebagai anggota sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, tes, wawancara tidak terstruktur, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskripsi data, analisis statistik data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis akhir atau pengujian hipotesis. Hasil uji hipotesis menggunakan indpendent samples t test menunjukkan bahwa pada uji hipotesis diperoleh nilai 0.008 < 0.05 dan thitung > ttabel (2.794 > 2.011). Dari hasil uji hipotesis tersebut dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terkait pemahaman siswa kelas II SD di kelas eksperimen yang menggunakan metode jarimatika dan kelas kontrol yang menggunakan metode penjumlahan berulang. Dari hasil uji N-Gain kelas eksperimen mendapatkan hasil lebih tinggi daripada di kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika efektif terhadap pemahaman siswa kelas II SD di Gugus Nakula pada pembelajaran matematika materi perkalian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jarimatika; Matematika; Metode Pembelajaran; Pemahaman siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:28
Last Modified: 17 Jan 2023 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55223

Actions (login required)

View Item View Item