HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SDN GUGUS JOKO TINGKIR KOTA SALATIGA


Isna Zulkarnain Hanny Pramono, 1401418378 (2022) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SDN GUGUS JOKO TINGKIR KOTA SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418378 - Isna Zulkarnain Hanny Pramono.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar siswa menjadi salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Penggunaan media dan kedisiplinan belajar menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Gugus Joko Tingkir Kota Salatiga, diketahui bahwa penggunaan media dan kedisiplinan belajar masih rendah ditandai dengan terdapat guru yang mengajar tanpa menggunakan media inovatif dan masih banyaknya siswa yang terlambat mengumpulkan tugas. Selain itu hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn masih rendah ditandai dengan adanya siswa yang belum tuntas KKM. Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Gugus Joko Tingkir Kota Salatiga, (2) menguji hubungan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Gugus Joko Tingkir Kota Salatiga, (3) menguji hubungan penggunaan media dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Gugus Joko Tingkir Kota Salatiga. Penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Joko Tingkir Kota Salatiga, yang berjumlah 130 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling sejumlah 100 siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Gugus Joko Tingkir Kota Salatiga, dengan rhitung 0,538 serta berkontribusi sebesar 45,7%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Gugus Joko Tingkir Kota Salatiga, dengan rhitung 0,642 serta berkontribusi sebesar 41,3%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Gugus Joko Tingkir Kota Salatiga, dengan rhitung 0,660 serta berkontribusi sebesar 43,6%. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan penggunaan media dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa Kelas IV SDN Gugus Joko Tingkir Kota Salatiga. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya meningkatkan penggunaan media pembelajaran, serta memperhatikan kedisiplinan belajar siswa, sehingga siswa mampu menyerap materi yang disampaikan dan dapat meningkatkan hasil belajar dalam muatan pelajaran PPKn

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media, Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:24
Last Modified: 17 Jan 2023 04:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55222

Actions (login required)

View Item View Item