HUBUNGAN KEBIASAAN DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PTS PPKN SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS DEWARUCI KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS


Laili Khoiriyah, 1401418374 (2022) HUBUNGAN KEBIASAAN DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PTS PPKN SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS DEWARUCI KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418374 - Laili Khoiriyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu data awal hasil observasi diketahui bahwa siswa kelas V SDN Se-Gugus Dewaruci sebagian besar kebiasaan, disiplin belajar masih rendah. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar PPKn, maka diteliti kebiasaan dan disiplin belajar terhadap hasil belajar PTS PPKn di SDN Se-Gugus Dewaruci Kecamatan Jati dengan tujuan penelitian: (1) menguji hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar PTS PPKn siswa kelas V SDN Se-Gugus Dewaruci Kecamatan Jati Kabupaten Kudus; (2) menguji hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar PTS PPKn siswa kelas V SDN Se-Gugus Dewaruci Kecamatan Jati Kabupaten Kudus; (3) menguji hubungan antara kebiasaan dan disiplin belajar dengan hasil belajar PTS PPKn siswa kelas V SDN Se-Gugus Dewaruci Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Dewaruci Kecamatan Jati Kabupaten Kudus sejumlah 110 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sejumlah 110 siswa. Variabel dalam penelitian ini berupa variabel kebiasaan dan disiplin belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar PTS PPKn sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis product moment. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar PTS PPKn dengan nilai r hitung = 0,374 pada kategori rendah serta berkontribusi sebesar 19,2%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar PTS PPKn dengan r hitung = 0,352 pada kategori rendah serta kontribusi sebesar 20,9%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan dan disiplin belajar dengan hasil belajar PTS PPKn dengan r hitung = 0,504 pada kategori cukup serta kontribusi sebesar 25,4%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan dan disiplin belajar dengan hasil belajar PTS PPKn siswa Kelas V SDN Se-Gugus Dewaruci Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Saran bagi guru adalah diharapkan mampu memberikan bimbingan dan perhatian pada siswa mengenai kebiasaan dan disiplin belajar siswa di sekolah agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan dan memberikan dampak positif pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan belajar, disiplin belajar, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:19
Last Modified: 17 Jan 2023 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55221

Actions (login required)

View Item View Item