HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KARTIKA INDAH KABUPATEN DEMAK
Ufi Linal Khoyaroh, 1401418368 (2022) HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KARTIKA INDAH KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar muatan pembelajaran IPS yang rendah merupakan salah satu permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas IV SDN Gugus Kartika Indah Kabupaten Demak diperoleh data bahwa hasil belajar muatan pembelajaran IPS yang rendah disebabkan oleh bimbingan orang tua dan kedisiplinan belajar siswa rendah yang ditandai dengan rendahnya bimbingan orang tua yang diberikan orang tua dan tingkat kedisiplinan siswa yang rendah serta hasil belajar mupel IPS yang belum tuntas. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan bimbingan orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Kartika Indah Kabupaten Demak; (2) menguji hubungan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Kartika Indah Kabupaten Demak; (3) menguji hubungan bimbingan orang tua dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Kartika Indah Kabupaten Demak. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian korelasi dengan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Gugus Kartika Indah Kabupaten Demak yang berjumlah 160 siswa. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Kartika Indah Kabupaten Demak, dengan rhitung 0,561 serta kontribusi sebesar 31,5%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS siswa Kelas IV SDN Gugus Kartika Indah Kabupaten Demak, dengan rhitung 0,458 serta kontribusi sebesar 21%; (3) terdapat hubungan yang positif antara bimbingan orang tua dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Kartika Indah Kabupaten Demak, dengan rhitung 0,563 serta kontribusi sebesar 31,7%. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Kartika Indah Kabupaten Demak. Saran untuk oranhg tua agar memberikan bimbingan belajar yang baik agar dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang optimal khususnya pada muatan pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPS; kedisiplinan belajar; bimbingan orang tua |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 03:25 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 03:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55215 |
Actions (login required)
View Item |