HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MERINGKAS TEKS EKSPLANASI MASA PEMBELAJARAN LURINGPRO PADA SISWA KELAS V SD GUGUS MUH. SYAFEI KABUPATEN SEMARANG


Devi Noer Cahya Anggraeni, 1401418359 (2022) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MERINGKAS TEKS EKSPLANASI MASA PEMBELAJARAN LURINGPRO PADA SISWA KELAS V SD GUGUS MUH. SYAFEI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418359 - Devi Noer Cahya Anggraeni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar kompetensi meringkas teks eksplanasi di masa pembelajaran luringpro. Pengelolaan kelas adalah kondisi yang diberikan guru untuk menciptakan kegiatan mengajar agar tercapai tujuan belajar. Motivasi belajar adalah penggerak dan pendorong kegiatan belajar. Meringkas teks eksplanasi adalah merangkum isi teks yang berisi fenomena alam atau sosial menjadi paragraf yang baru. Tujuan penelitian ini menguji hubungan pengelolaan kelas dan motivasi belajar dengan hasil belajar kompetensi meringkas teks eksplanasi masa pembelajaran luringpro pada siswa kelas V SD Gugus Muh.Syafei. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus Muh. Syafei sebanyak 155 siswa, dan sampel sebanyak 111 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini meliputi pengelolaan kelas, motivasi belajar, dan hasil belajar meringkas teks eksplanasi masa pembelajaran luringpro. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya hubungan signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar kompetensi meringkas teks eksplanasi, nilai rhitung = 0,694, berkontribusi sebesar 48,2%; (2) adanya hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kompetensi meringkas teks eksplanasi, nilai rhitung = 0,655, berkontribusi sebesar 42,9%; (3) adanya hubungan signifikan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar dengan hasil belajar kompetensi meringkas teks eksplanasi, nilai rhitung = 0,696, berkontribusi sebesar 48,5% dengan hasil belajar siswa dan 51,5% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar dengan hasil belajar meringkas teks eksplanasi masa pembelajaran luringpro. Disarankan agar guru meningkatkan pembelajaran yang efektif dan m

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kelas, motivasi belajar, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:46
Last Modified: 17 Jan 2023 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55212

Actions (login required)

View Item View Item