EFEKTIVITAS E-MODUL BERBASIS GOOGLE EARTH DALAM INTERPRETASI CITRA MATERI PENGINDERAAN JAUH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMAN 1 JEKULO


Lia Oktaviana, 3201418002 (2022) EFEKTIVITAS E-MODUL BERBASIS GOOGLE EARTH DALAM INTERPRETASI CITRA MATERI PENGINDERAAN JAUH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMAN 1 JEKULO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201418002 - Lia Oktaviana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa di Indonesia masih rendah, hal ini didasarkan penelitian PISA tahun 2019 bahwa Indonesia menempati urutan ke-6 terakhir dari total 77 negara (Kemdikbud, 2019). Penggunaan media pembelajaran di SMAN 1 Jekulo pada materi penginderaan jauh masih memanfaatkan buku cetak paket geografi dan belum pernah menguji keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa menggunakan soal ataupun latihan tertentu. Berdasarkan hal tersebut tujuan peneliti adalah untuk menganalisis pemanfaatan e-modul berbasis google earth dalam interpretasi citra materi penginderaan jauh dan untuk menganalisis efektivitas e-modul berbasis google earth untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam interpretasi citra materi penginderaan jauh siswa SMAN 1 Jekulo. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan adalah probability sampling melalui simple random sampling yang dikenal sistem undian. Populasi penelitian adalah semua kelas X jurusan IPS yang terdiri dari kelas X-IPS1, X-IPS 2, X-IPS 3, X-IPS 4. Sampel yang diambil menjadi 3 kelas secara acak yaitu kelas uji coba, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan e-modul berbasis google earth mempunyai tanggapan yang sangat baik oleh siswa sebesar 89,3% maupun guru sebesar 88,5%. Hal ini mendukung pemanfaatan e-modul untuk diterapkan di SMAN 1 Jekulo. Perhitungan persentase N-gain pada kelas eksperimen sebesar 56,40% dan N-gain pada kelas kontrol 41,704 %. Hasil selisih persentase kelas eksperimen 14,7 % lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dapat didasarkan pada pengujian independent sample t test yang membuktikan nilai p sebesar 0,003 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya, bahwa e-modul berbasis google earth dalam interpretasi citra materi penginderaan jauh efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMAN 1 Jekulo. E-modul berbasis google earth dapat dimanfaatkan untuk guru geografi sebagai media pembelajaran dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMAN 1 Jekulo. Selain itu adanya e-modul ini dapat diharapkan menjadi bahan belajar mandiri siswa atau memberikan motiviasi untuk belajar sehingga lebih meningkatkan kemampuan berpikirnya lebih tinggi. Adanya e-modul ini diharapkan untuk pihak sekolah mendukung dalam meningkatkan keterampilan berpikir siswa dan juga memberi inovasi media pembelajaran yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, E-modul, Google Earth, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:17
Last Modified: 17 Jan 2023 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55205

Actions (login required)

View Item View Item