PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV PADA KURIKULUM MERDEKA SDN 02 GUNUNGSARI KABUPATEN PEMALANG
Farikhatun Ni’mah, 1401418352 (2022) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV PADA KURIKULUM MERDEKA SDN 02 GUNUNGSARI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan sarana untuk mencapai kesejahteraan bagi semua umat manusia. Pendidikan merupakan mesin budaya. norma setiap zaman berubah sinkron menggunakan perubahan yang dibawa sang proses pendidikan itu sendiri. Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas IV di SD Negeri 02 Gunungsari Kabupaten Pemalang. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penulis memilih pendekatan penelitian kualitatif sebab hasil dari penelitian ini berupa menjelaskan, menggambarkan dan memaknai suatu permasalahan yang ada. Fokus dalam penelitian ini adalah meneliti tentang prestasi belajar siswa kelas IV pada kurikulum merdeka. Oleh karena itu, peneliti memilih pendekatan kualitatif karena penelitian ini berupa menjelaskan macam-macam upaya peningkatan prestasi belajar, faktor penghambat prestasi belajar siswa dalam kurikulum merdeka dan solusi dari hambatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 02 Gunungsari Kabupaten Pemalang yang berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Subjek penelitian dalam penelitian ini tidak sepenuhnya menjadi informan, hal ini disesuaikan dengan keperluan dan kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan berbagai kegiatan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sudah terbukti kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Bahkan sesudah menerapkan ektrakurikuler sebagai kegiatan tambahan dalam meningkatkan prestasi siswa di bidang akademik maupun non akdemik. Selama kegiatan pembelajaran dengan menggunakan kurikulu merdeka dapat terlaksana dengan baik, dari berbaai kegiatan yang terlaksana tidak bebas dari beberapa hambatan namun dengan adanya hambatan maka terdapat pula solusinya. Penulis memberikan saran berdasarkan analisis hasil penelitian yang didapatkan. Dihrapakan saran yang penulis berikan dapat menjadikan masukan yang baik untuk kedepannya. Saran ditujukan ke beberapa pihak yaitu, guru, sekolah, dan peneliti lanjutan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar, Profil Pelajar Pancasila, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 01:56 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 01:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55201 |
Actions (login required)
View Item |