PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TPACK PADA MATERI SUMBER ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI LANGGAR KABUPATEN REMBANG


Zainatun Nisa, 1401418346 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TPACK PADA MATERI SUMBER ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI LANGGAR KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418346 - Zainatun Nisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tematik SD muatan pelajaran IPA di SD Negeri Langgar Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang ditemukan permasalahan yaitu siswa mengalami kesulitan memahami materi sumber energi karena media pembelajaran sangat terbatas. Hal tersebut menjadi faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang menarik, inovatif, sesuai perkembangan siswa, dan memudahkan guru dalam mengajarkan materi IPA. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis TPACK pada materi sumber energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis TPACK pada materi sumber energi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Langgar. Jenis penelitian ini adalah Research dan Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE oleh Reiser dan Mollenda. Prosedur penelitian ini yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dokumentasi, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis TPACK layak digunakan dengan persentase yang diperoleh dari ahli materi sebesar 100% (sangat layak) dan persentase yang diperoleh dari ahli media adalah 93,33% (sangat layak). Hasil uji t menunjukkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif berbasis TPACK; sumber energi; IPA; hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:58
Last Modified: 17 Jan 2023 00:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55200

Actions (login required)

View Item View Item