PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ADOBE FLASH BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MUATAN PELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KEDUNGSARI 4 KOTA MAGELANG


Aulia Salsabila Putri Pratama, 1401418326 (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ADOBE FLASH BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MUATAN PELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KEDUNGSARI 4 KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418326 - AULIA SALSABILA PUTRI PRATAMA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian di SDN Kedungsari 4 Kota Magelang yang dilakukan melalui wawancara dengan guru kelas V, observasi serta dokumen hasil belajar siswa kelas V, ditemukan bahwa proses pembelajaran PKN belum optimal, media pembelajaran yang digunakan kurang inovatif dan belum memanfaatkan IT menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif Adobe Flash pada muatan pelajaran PKN materi keragaman sosial budaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang diadaptasi oleh Sugiyono. Hasil pengembangan media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba skala kecil dilakukan pada 6 siswa kelas V SDN Kedungsari 2 Kota Magelang dan skala besar berjumlah 28 siswa kelas V SDN Kedungsari 4 Kota Magelang. Data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, uji normalitas, uji t, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) multimedia interaktif Adobe Flash berkarakteristik kearifan lokal yang terdiri dari beberapa slide menu yaitu menu opening media, menu utama media, petunjuk, kompetensi, materi, video pembelajaran, menu soal ,tampilan pertanyaan keluar dari media,profil pengembang media dan referensi.; (2) multimedia interaktif dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran, berdasarkan hasil ahli media dan ahli materi termasuk kriteria sangat layak pada komponen kelayakan materi dengan presentase 94,1% dan komponen kelayakan media dengan presentase 81,2%. tanggapan siswa sebesar 91%(sangat baik), dan tanggapan guru sebesar 92,5 % (sangat baik); (3) berdasarkan uji t-test paired sample test dan n-gain, didapat hasil untuk uji coba kelompok kecil sig (2-tailed) = 0,000 dan n-gain = 0,70 (kategori tinggi). Untuk uji pemakaian kelompok besar yaitu sig (2-tailed) = 0,000 dan n-gain = 0,64 (kategori sedang),maka Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PKN materi keragaman social budaya sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif Adobe Flash berbasis kearifan lokal Simpulan penelitian ini adalah multimedia interaktif Adobe Flash berbasis kearifan lokal layak digunakan dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PKN materi keragaman sosial budaya.Peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat mengembangkan media pembelajaran dengan desain semenarik dan sekreatif mungkin untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih menarik sehingga hasil belajar siswa lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Kearifan Lokal, PKN, multimedia interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:50
Last Modified: 17 Jan 2023 00:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55198

Actions (login required)

View Item View Item