HUBUNGAN GAYA MENGAJAR DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENGANALISIS IKLAN PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING SISWA KELAS V SD GUGUS MELATI KOTA SEMARANG


IRWAN PERMADI, 1401418325 (2022) HUBUNGAN GAYA MENGAJAR DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENGANALISIS IKLAN PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING SISWA KELAS V SD GUGUS MELATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418325 - IRWAN PERMADI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Gaya mengajar merupakan faktor yang mempengaruhi kemandirian siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Semakin baik siswa dalam mengikuti gaya mengajar yang diterapkan oleh guru maka mereka akan memiliki kemandirian belajar yang baik. Kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran blended learning memerlukan perhatian khusus baik dari guru maupun orang tua siswa kelas V SD Gugus Melati Kota Semarang. Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui hubungan antara gaya mengajar terhadap hasil belajar menganalisis iklan; (2) mengetahui hubungan antara kemandirian terhadap hasil belajar menganalisis iklan; (3)mengetahui hubungan antara gaya mengajar dan kemandirian terhadap hasil belajar menganalisis iklan pada pembelajaran blended learning kelas V SD Gugus Melati Kota Semarang.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 158 siswa kelas V SD Gugus Melati Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling sebanyak 111 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian yaitu: (1) gaya mengajar memiliki hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar menganalisis iklan sebesar 0,665 dengan kontribusi 44, 2%; (2) Kemandirian memiliki hubungan dan pengaruh terhadap hasil belajar menganalisis iklan sebesar 0,648 dengan kontribusi 56,3; (3) Gaya mengajar dan kemandirian memiliki hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar menganalisis iklan sebesar 0,751 dengan kontribusi sebesar 56,3%. Simpulan penelitian ini yaitu hasil belajar menganalisis iklan pada pembelajaran blended learning yang baik dipengaruhi oleh gaya mengajar guru yang tepat dan kemandirian belajar siswa kelas V SD Gugus Melati Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini, (1) guru dapat menerapkan gaya mengajar sesuai kebutuhan dan kondisi siswa terutama gaya mengajar teknologis, personalisasi, dan interaksional, (2) orang tua dan guru hendaknya memantau perkembangan belajar siswa, (3) siswa hendaknya meningkatkan kemandirian khususnya dalam inisiatif belajar intrinsik dan menetapkan target belajar terkait materi menganalisis iklan sehingga hasil belajar dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Gaya Mengajar, Hasil Belajar Menganalisis Iklan, Kemandirian, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:43
Last Modified: 17 Jan 2023 00:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55195

Actions (login required)

View Item View Item