PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE MUATAN PEMBELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS V SDN MOJOPURO 1 KABUPATEN SRAGEN


Annisa Ulfatun Nadhiroh, 1401418313 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE MUATAN PEMBELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS V SDN MOJOPURO 1 KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418313 - Annisa Ulfatun Nadhiroh.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di SDN Mojopuro 1 Kabupaten Sragen khususnya di kelas V. Ditemukan salah satu permasalahan yaitu kurangnya media pembelajaran dan sumber belajar yang menarik dalam pembelajaran PPKn. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk penelitian ini yaitu untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis lectora inspire pada muatan pembelajaran PPKn materi keragaman sosial budaya masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dilaksanakan mengacu pada model Borg and Gall meliputi tahap: (1) Potensi dan Masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi desain; (8) uji coba pemakaian. Lokasi penelitian di SDN Mojopuro 1 Kabupaten Sragen. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V SDN Mojopuro 1 Kabupaten Sragen berjumlah 24 siswa dan dilakukan pada semester genap 2022/2023. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu media pembelajaran multimedia interaktif berbasis lectora inspire dan variable terikatnya hasil belajar siswa kelas V SDN Mojopuro 1 Kabupaten Sragen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, data dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakann yaitu analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, dan analisis data akhir dengan uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis Lectora Inspire didesain dengan menarik sehingga guru dan siswa memberikan tanggapan sangat positif. Selain itu multimedia interaktif lectora inspire ini dinyatakan layak karena presentase penilaian ahli materi sebesar 98,4 % dan ahli media sebesar 96,8%. Multimedia interaktif berbasis lectora inspire efektif digunakan dalam pembelajaran PPKn kelas V khususnya materi keragaman sosial budaya masyarakat yang dibuktikan dengan uji t-test dan n-gain, didapat hasil uji coba kelompok kecil sig (2-tailed) = 0.001 dan n-gain = 0,478 (kategori sedang). Uji pemakaian kelompok besar yaitu sig (2-tailed) = 0.000 dan n-gain = 0,449 (kategori sedang), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis lectora inspire layak dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn kelas V SDN Mojopuro 1 Kabupaten Sragen. Saran penelitian selanjutnya yaitu guru dapat memberikan motivasi untuk mengembangkan media yang inovatif serta berbasis IT sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, PPKn, Lectora Inspire
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:34
Last Modified: 17 Jan 2023 00:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55191

Actions (login required)

View Item View Item