ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SDN KRAMAT 02 KABUPATEN BREBES


Widi Vina Puspitasari, 1401418305 (2022) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SDN KRAMAT 02 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418305 - Widi Vina Puspitasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran kurikulum 2013 merupakan hal penting yang sangat bermanfaat di dunia pendidikan dalam mewujudkan suatu proses kegiatan belajar mengajar oleh seorang guru yang professional, khususnya di bidang kompetensi pedagogik. Semakin baik kemampuan kompetensi pedagogik guru makan akan semakin efektif hasil belajar yang akan diraih oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kemampuan guru dalam merancang RPP ; (2) Kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013; dan (3) Kemampuan guru dalam menyelenggarakan evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan guru dalam merancang RPP sudah sesuai dengan silabus dan isi kurikulum; (2) kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam penggunaan media pembelajaran guru perlu meningkatkan kreativitas; (3) kemampuan guru dalam menyelenggarakan evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik secara keseluruhan sudah memenuhi ketiga aspek penilaian di sekolah dasar. Simpulan penelitian ini bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran kurikulum 2013 di SDN Kramat 02 Kabupaten Brebes secara keseluruhan sudah cukup baik sesuai dengan kurikulum 2013 pada indikator kompetensi pedagogik yang dibahas. Guru kurang optimal dalam pelaksanaan pembelajaran pada penggunaan media pembelajaran serta dalam penilaian keterampilan. Oleh karena itu, guru mengembangkan penilaian keterampilan dengan menggunakan teknik penilaian lainnya seperti produk, proyek dan portofolio untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Pembelajaran; Pelaksanaan Pembelajaran; Evaluasi Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:16
Last Modified: 17 Jan 2023 00:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55190

Actions (login required)

View Item View Item