(ABSTRAK) METODE DEMONSTRASI UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA PADA ARUS DAN TEGANGAN LISTRIK


Henry Setya Budhi , 4201405517 (2010) (ABSTRAK) METODE DEMONSTRASI UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA PADA ARUS DAN TEGANGAN LISTRIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) METODE DEMONSTRASI UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA PADA ARUS DAN TEGANGAN LISTRIK]
Preview
PDF ((ABSTRAK) METODE DEMONSTRASI UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA PADA ARUS DAN TEGANGAN LISTRIK) - Published Version
Download (69kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian dari dua kadaluarsa dan sejarah fisika memperlihatkan bahwa salah satu sumber kesulitan utama adalah terjadinya miskonsepsi. Miskonsepsi adalah pola berfikir yang konsisten pada suatu situasi atau masalah yang berbeda-beda tetapi pola berfikir itu salah. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui apakah metode demonstrasi dalam pengajaran remedial fisika dapat mengurangi miskonsepsi siswa pada arus dan tegangan listrik. (2) Mengetahui apakah metode demonstrasi dalam pengajaran remedial fisika dapat meningkatkan hasil belajar fisika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Mranggen tahun pelajaran 2009/2010. Uji homogenitas menunjukkan populasi bersifat homogen. Dengan menggunakan teknik random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas IX-A sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan pengajaran remedial dengan metode demonstrasi, dan kelas IX-C sebagai kelompok kontrol yang mendapat perlakuan pengajaran remedial dengan metode konvensional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: (1) metode dokumentasi, (2) metode tes. Pada analisis data penelitian terbagi menjadi dua yaitu analisis data sebelum penelitian dan analisis data setelah penelitian. Berdasarkan hasil analisis dengan uji gain, penurunan derajat miskonsepsi (gain) nilai derajat miskonsepsi tes I miskonsepsi dan tes II miskonsepsi sebesar 1,484 dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dengan peningkatan nilai tes I miskonsepsi dan tes II miskonsepsi sebesar 0,65. Sehingga dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat mengurangi miskonsepsi siswa pada arus dan tegangan listrik serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Pengajaran Remedial, Miskonsepsi Fisika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2011 07:57
Last Modified: 19 Oct 2011 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5519

Actions (login required)

View Item View Item