GAYA BELAJAR SISWA STUDI KASUS DI SD NEGERI PANGKAH 04 KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL


Lisa Meliasari, 1401418304 (2022) GAYA BELAJAR SISWA STUDI KASUS DI SD NEGERI PANGKAH 04 KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418304 - Lisa Meliasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu kunci agar siswa dapat tumbuh dan berkembang dalam belajar adalah dengan mengenali gaya belajarnya. Gaya belajar merupakan cara yang digunakan anak untuk menerima informasi dalam belajar. Terdapat tiga jenis gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik (VAK). Setiap anak memiliki yang berbeda, terutama dalam mengolah dan menyampaikan informasi. Pentingnya memahami gaya belajar siswa adalah untuk memilih dan menentukan metode mengajar yang tepat untuk siswa dan untuk memudahkan dalam memaksimalkan potensinya. Tujuan dari penelitian ini mengetahui dan mendeskripsikan gaya belajar siswa di SD Negeri Pangkah 04 Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data pada penelitian ini antara lain yaitu data Collection (mengumpulkan data), data Reduction (merangkum, memilih hal-hal yang pokok), data Display (menyajikan data) dan Conclusion Drawing/ Verification. Uji keabsahan data dalam penelitian ini meliputi uji credibility (Validitas internal), transferability, dependability (reliabilitas), dan confirmability (objektivitas). Hasil dari penelitian yaitu : (1) Terdapat perpaduan gaya belajar VAK, namun ada satu jenis gaya belajar yang dominan pada siswa kelas V SD Negeri Pangkah 04 Kabupaten Tegal. (2) Faktor pendukung gaya belajar siswa yaitu lingkungan yang nyaman, respon baik dari guru, keaktifan siswa, dan keadaan fisik siswa yang sehat. (3) Faktor penghambat gaya belajar antara lain lingkungan yang tidak kondusif, kurangnya motivasi diri, kurangnya pendampingan belajar dari orangtua, dan penggunaan metode serta media pembelajaran yang konvensional. (4) Upaya mengatasi hambatan gaya belajar siswa yaitu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menarik, meningkatkan motivasi siswa, pendampingan belajar dari orang dewasa, dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran yaitu, (1) pihak sekolah diharapkan dapat membentuk para pendidik yang selalu peduli pada siswa terutama pada gaya belajarnya; (2) Guru diharapkan memanfaatkan fasilitas yang disediakan sekolah dan lebih kreatif dalam merangcang pembelajaran; (3) pihak orangtua harus mengenali gaya belajar anaknya sejak usia dini, agar dapat menyediakan kebutuhan belajar anaknya sesuai dengan gaya belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar, Visual Auditorial Kinestetik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:12
Last Modified: 17 Jan 2023 00:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55189

Actions (login required)

View Item View Item