IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA MASA NEW NORMAL DI KELAS XI SMA NEGERI 1 GOMBONG


Saj Kusuma Negara, 6101418142 (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA MASA NEW NORMAL DI KELAS XI SMA NEGERI 1 GOMBONG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101418142 - Saj Kusuma Negara(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Memasuki masa New Normal di berbagai daerah di Indonesia mempengaruhi belajar mengajar di sekolah menengah atas. Berubahnya sistem pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan situasi, permasalahan yang dirasakan oleh guru dan siswa disetiap sistem pembelajaran yang berganti menyesuaikan dengan keadaan yang mengakibatkan pembelajaran kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses implementasi model pembelajaran PJOK yang dipakai guru pada masa New Normal SMA Negeri 1 Gombong, mendeskripsikan faktor – faktor yang menjadi hambatan dan pendukung pada pelaksanaan implementasi model pembelajaran PJOK pada masa New Normal Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan responden 2 Guru PJOK dan Kelas XI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan teknik interaktif Miles dan Huberman yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran PJOK yang diterapkan di kelas XI SMA Negeri 1 Gombong menggunakan model pembelajaran dengan menyesuaikan dengan sistem pembelajaranya dikarenakan keadaan kondisi yang berubah – ubah. Faktor hambatan yang dirasakan oleh guru dan siswa di new normal ini cukup banyak. Mulai dari pembelajaran daring yang terkendala internet, guru tidak bisa memantau siswa secara langsung dan siswa kurang paham karena tidak praktek secara langsung. Pembelajaran hybrid waktu yang molor karena bergantian siswa untuk berangkat kesekolah. Pembelajaran tatap muka terbatas yang terkendala waktu, dan karakter siswa kurang. Faktor pendukung pada pembelajaran new normal mulai dari bantuan kuota, fasilitas sekolah, vaksinasi, fasilitas protokol kesehatan, sarana dan prasarana kemampuan guru dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Kesimpulanya implementasi model pembelajaran yang digunakan menyesuaikan dengan sistem pembelajaran yang digunakan oleh sekolah. Peneliti memberikan saran (1) Kepada guru dan calon guru dengan hasil penelitian ini diharapkan nantinya bisa lebih berinovasi dan berkreatifitas dengan pembelajaranya.(2) Kepada siswa harus mempunyai motivasi lebih untuk belajar supaya ilmu yang didapat bisa menjadi bermanfaat kedepanya.(3)Kepada instansi pendidikan dengan hasil penelitian ini bisa menjadi rujukan tentang implementasi model pembelajaran yang digunakan guru PJOK pada masa new normal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Model Pembelajaran Pjok, New Normal
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:37
Last Modified: 16 Jan 2023 07:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55178

Actions (login required)

View Item View Item