PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI BOLA BASKET PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMA KABUPATEN PAT


MOH SABIH AINUR RIDLO, 6101418130 (2022) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI BOLA BASKET PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMA KABUPATEN PAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101418130 - MOH SABIH AINUR RIDLO(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masa pandemi COVID-19 ini sangat mepengaruhi kegiatan belajar mengajar di indonesia sehingga banyak guru yang memberikan pembelajaran nya dengan menggunakan metode daring, banyak peserta didik yang mengeluh dan kurang paham karena masih dalam keadaan yang memaksa kita untuk belajar daring. Hal ini tentu saja memberikan pengaruh yang sangat besar dalam pemahaman di antaranya pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang lain materi bola basket adalah salah satu materi yang sulit di jelaskan menggunakan metode daring. Penelitian ini mengambil masalah tentang keadaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan materi bola basket pada saat masa pasca pandemi COVID-19, Maka peneliti sangat tertarik untuk mengetahui terlaksananya perencanaan pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan materi bola basket di masa pandemi COVID-19 di SMA kabupaten Pati. Metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Analisis yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Populasi penelitian ini adalah SMA/SMK di Kabupaten Pati. Sampel dalam penelitian ini adalah 11 guru pendidikan jasmani dari sekolahan SMA/SMK yang sudah di tentukan sebagai tempat penelitian dan 120 peserta didik sebagai pembanding jawaban dari guru. Instrumen pengambilan data menggunakan teknik observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu Persentase perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru termasuk dalam keadaan dengan kategori “sangat baik” dengan peresentase mencapai 97,7% dari 11 responden yang mengisi angket dengan 8 butir pertanyaan dengan skor maksimal 88 skor, mendapatkan hasil skor yaitu 86 skor. Persentase pelaksanaan pembelajaran yang di lakukan guru termasuk dalam keadaan dengan kategori “sangat baik” dengan peresentase mencapai 86,4% dari 11 responden yang mengisi angket dengan 22 butir pertanyaan dengan skor maksimal 242 skor, mendapatkan hasil skor yaitu 209 skor. Persentase evaluasi pembelajaran yang di lakukan guru termasuk dalam keadaan dengan kategori “baik” dengan peresentase mencapai 72,7% dari 11 responden yang mengisi angket dengan 4 butir pertanyaan dengan skor maksimal 44 skor, mendapatkan hasil skor yaitu 32 skor. Simpulan dari penelitian ini yaitu kondisi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan materi bola basket di masa pandemi COVID-19 di SMA kabupaten Pati “sangat baik”. Saran Peneliti hanya melakukan penelitian terhadap satu materi , bagi peneliti selanjutnya di sarankan sampel dan variabel lainnya, sehingga diharapkan pelaksanaan pembelajaran dapat teridentifikasi secara luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Di Masa Pasca Pandemi COVID-19, Bola Basket
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:35
Last Modified: 16 Jan 2023 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55166

Actions (login required)

View Item View Item