EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI WAHANA EDUKASI PEMBELAJARAN KESEHATAN DI SMP SE-KECAMATAN PANCENG KABUPATEN GRESIK


Muhammad Zaidan Saidi, 6101418120 (2022) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI WAHANA EDUKASI PEMBELAJARAN KESEHATAN DI SMP SE-KECAMATAN PANCENG KABUPATEN GRESIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101418120  - Zaidansaidi Ori(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini lakukan karena memiliki latar belakang permasalahan yakni ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi pada saat ini berkembang semakin pesat. Peran media sosial dalam dunia pendidikan sudah tidak terelakan lagi dan sudah menjadi bagian dalam pembelajaran baik di kalangan peserta didik. sebagai media komunikasi ataupun hanya sebagai obrolan dengan sesama teman dan sumber belajar yang bisa didapat di kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas. Permasalahan penelitian ini adalah belum di ketahuinya penggunaan media sosial serta seberapa besar penggunaan media sosial dan pengaruh terhadap pembelajaran kesehatan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penggunaan media sosial dan seberapa besar pengaruh terhadap pembelajaran kesehatan di sekolahan menengah pertama di Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sampel dalam penelitian ini mengambil 100 responden siswa pada sekolah menengah pertama. Instrumen pengambilan data menggunakan teknik observasi, kuiesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dari 100 responden siswa Sekolah Menengah Pertama, media sosial cukup membawa pengaruh yang positif terhadap pembelajaran kesehatan presentase rata-rata sebesar 84% tergolong kategori baik. Pengaruh media sosial meliputi alokasi waktu, akun media sosial, kegunaan media sosial dan dampak media sosial terhadap pembelajaran yaitu sangat positif menunjukan sebesar 0,655 atau (65,5%) termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan media sosial sudah diterapkan di sekolah menengah pertama pemanfaatan media sosial yang diterapkan dalam pembelajaran ialah tugas, materi belajar dan diskusi. Metode pembelajaran yang sering digunakan melalui media sosial ialah dengan memberikan tugas kepada siswa melalui platform grup WhatsApp. Media sosial berpengaruh cukup baik terhadap pembelajaran kesehatan meliputi persiapan pembelajaran, mengikuti pembelajaran, pembuatan jadwal serta catatan dan mengerjakan tugas presentase rata-rata sebesar 84% tergolong dalam kategori baik. Pengaruh media sosial meliputi alokasi waktu, akun media sosial, kegunaan media sosial dan dampak media sosial terhadap pembelajaran yaitu sangat positif menunjukan sebesar 0,655 atau 65,5% termasuk dalam kategori sedang. Sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti disiniseperti media pembelajaran melalui media audio visual, power point, media gambar, media video dan media papan tulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Pembelajaran Kesehatan
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:29
Last Modified: 16 Jan 2023 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55163

Actions (login required)

View Item View Item