PENERAPAN NILAI POSITIF PENJAS PADA PEMBELAJARAN DARING PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID KABUPATEN MAGELANG


Hani Dwi Prasetyo, 6101418113 (2022) PENERAPAN NILAI POSITIF PENJAS PADA PEMBELAJARAN DARING PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101418113 - Hani Dwi Prasetyo(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tahun 2019 negara Indonesia dilanda sebuah virus yang bernama atau disingkat dengan nama covid-19. Pandemi ini mengakibatkan pengaruh yang besar bagi tiap bidang kehidupan. Pemerintah membuat suatu kebijakan yang bertujuan untuk membatasi kegiatan warganya agar penyebaran virus tersebut tidak semakin parah. Kebijakan tersebut juga diberlakukan di dalam bidang pendidikan dengan penerapan pembelajaran jarah jauh atau pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring ini juga diterapkan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu tentang penerapan nilai positif pendidikan jasmani melalui pembelajaran daring di SMA N 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan survei. Metode untuk pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket. Untuk sampel menggunakan siswa kelas XI SMA N 1 Kota Mungkid dengan teknik pengambilan total sampling. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan rumus deskriptif presentase. Hasil penelitian menujukkan bahwa dalam penerapan nilai kejujuran sebanyak 13,33% kategori sangat baik, 83,33% kategori baik, 3,33% kategori cukup, dan 0% kategori kurang. Penerapan nilai peduli sebanyak 10,41% kategori sangat baik, 75,41%kategori baik, 14,16% kategori cukup, dan 0% kategori kurang. Penerapan nilai fair sebanyak 27,50% kategori sangat baik, 55,41% kategori baik, 17,08% kategori cukup, dan 0% kategori kurang. Penerapan nilai tanggung jawab sebanyak 52,08% kategori sangat baik, 45,83% kategori baik, 2,08% kategori cukup, dan 0% kategori kurang. Penerapan nilai respek sebanyak 21,66% kategori sangat baik, 72,08% kategori baik, 6,25% kategori cukup, dan 0% kategori kurang. Penerapan nilai beradab sebanyak 4,16% kategori sangat baik, 72,50% kategori baik, 23,33% kategori cukup, dan 0% kategori kurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan nilai positif pendidikan jasmani pada pembelajaran daring peserta didik kelas Xl SMA Negeri 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang berjalan baik. Saran dalam penelitian ini yaitu harapannya semua pihak yang terkait bisa saling mendukung berjalannya proses pembelajaran daring agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Nilai Positif Pendidikan Jasmani, Pembelajaran Daring
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:25
Last Modified: 16 Jan 2023 04:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55145

Actions (login required)

View Item View Item