KEMAMPUAN GURU PENJASORKES DALAM PERENCANAAN PELAKSANAAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA SMK NEGERI SEKABUPATEN PURBALINGGA


Fiki Andi Purnomo, 6101418095 (2022) KEMAMPUAN GURU PENJASORKES DALAM PERENCANAAN PELAKSANAAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA SMK NEGERI SEKABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101418095 - Fiki Andi Purnomo(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan guru penjasorkes dalam proses pembelajaran. Guru sebagai tenaga profesional berfungsi meningkatkan mutu pendidikan sehingga mempengaruhi proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Pendidikan untuk semester genap tahun ajaran 2021/2022 melaksanakan proses pembelajaran secara tatap muka. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan guru penjasorkes dalam proses pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pada SMK Negeri Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Memeriksa keabsahan data dengan kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Penganalisisan data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru penjasorkes dalam pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada SMK Negeri Kabupaten Purbalingga. Perencanaan yang dilakukan guru penjasorkes yaitu pembuatan silabus, RPP, bahan ajar, perlengkapan yang digunakan dalam pembelajaran dan instrumen penilaian, kesulitan yang dialami dalam perencanaan yaitu mempersiapkan perangkat pembelajaran yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Proses pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka dengan waktu pembelajaran 2 x 40 menit/minggu, whatsapp serta Google classroom media yang digunakan sebagai pemberian materi dan penugasan, kesulitan yang dialami dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan waktu yang singkat namun materi harus tersampaikan secara keseluruhan sehingga materi kurang tersampaikan dengan baik. Penilaian yang dilakukan dengan menggunakan tiga aspek yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Kesimpulannya adalah kemampuan guru dalam proses perencanaan pembelajaran penjasorkes secara tatap muka segala perangkat pembelajaran semua telah dipersiapkan dengan baik, pelaksanaan pembelajaran dalam kategori baik dan dalam pelaksanaannya masih memiliki banyak kendala dan kekurangan, dalam penilaian atau evaluasi sudah dalam kategori baik karena penilaiannya tetap memuat tiga aspek yang membedakan adalah cara dalam penilaian. Saran yang diberikan yaitu: dalam pelaksanaan pembelajaran penjasorkes memanfaatkan media sosial dan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam kegiatan pembelajaran, dan penelitian ini dapat dilakukan dalam ruang lingkup yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru, Proses Pembelajaran, dan Penjasorkes
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:13
Last Modified: 16 Jan 2023 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55142

Actions (login required)

View Item View Item