PENELUSURAN KENDALA BLENDED LEARNING DARI PERSPEKTIF PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN JASMANI DI SMA KOTA SEMARANG


DONY TIRTA HENDRIANSYAH, 6101418073 (2022) PENELUSURAN KENDALA BLENDED LEARNING DARI PERSPEKTIF PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN JASMANI DI SMA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101418073 - Dony Tirta.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Blended Learning merupakan suatu gabungan dari komunikasi lisan yang tedapat pada pembelajaran tradisional dengan tatap muka dan komunikasi tertulis yang terdapat pada pembelajaran online. Penerapan pembelajaran Blended Learning di Indonesia tentu masih banyak menemui kendala khususnya dalam penerapan pembelajaran online yang berbasis teknologi. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan etnografi dengan focus penelitian membahas tentang kendala yang dihadapi oleh peserta didik pada jenjang Pendidikan SMA di Kota Semarang dalam Pendidikan jasmani menggunakan metode blended learning. Sumber data primer merupakan hasil wawancara dari 410 responden dan observasi secara langsung di lapangan. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan model alat bantu berupa aplikasi NVivo 12 Pro. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat berbagai kendala yang ditemui antara lain susah sinyal, sulit dipahami, kuota internet, kurang menguasai teknologi, pekerjaan dapat dicontek, tidak ada notifikasi tugas, tidak memiliki smartphone, tidak tersedia Wi-Fi di sekolah, kapasitas penyimpanan ponsel. Berbagai kendala yang ditemui, dapat dipastikan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan media blended learning sangat mungkin dilakukan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran Pendidikan Jasmani menggunakan media blended learning sangat mungkin dilakukan. Namun perlu adanya dukungan dari sistem pembelajaran atau learning management system untuk melakukan pembenahan pada kendala-kendala yang masih ada saat ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Pendidikan Jasmani, Teknologi
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:58
Last Modified: 16 Jan 2023 03:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55136

Actions (login required)

View Item View Item