PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MASA PANDEMI COVID-19 SMP NEGERI DI KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG TAHUN 2022


Ana sulistyaning asih, 6101418026 (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MASA PANDEMI COVID-19 SMP NEGERI DI KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG TAHUN 2022. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101418026 - Ana Sulistyaning Asih(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kondisi pandemi tahun 2022 berdasarkan fakta dilapangan menunjukan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani masa pandemi covid-19 ini mengalami banyak kendala. Pembatasan mobilitas pembelajaran, pengurangan estimasi waktu belajar, dan pelaksanaan yang memerlukan adaptasi bagi guru dan siswa. Kendala-kedala yang dialami dalam pembelajaran menjadi pengaruh minat belajar siswa dalam pemahaman materi dan praktek dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani masa pandemi covid-19 di SMP negeri di kecamatan Lasem kabupaten Rembang di tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Lokus penelitian ini adalah SMP Negeri di kecamatan Lasem, yaitu SMP Negeri 1 Lasem, SMP Negeri 2 Lasem, dan SMP Negeri 3 Lasem yang diambil 1 kelas random di kelas 7,8,9. Tehnik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Tehnik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajran pendidikan jasmani masa pandemi covid-19 di SMP Negeri di kecamatan Lasem mengalami banyak adaptasi disesuaikan dengan kondisi yang mengatur terkait pembelajaran daring dan luring. Faktor penghambatnya yaitu jika proses belajar dilaksanakan daring teori dan praktek siswa mengalami kesulitan dan jaringan internet terganggu. Guru pendidikan jasmani harus memiliki strategi khusus untuk menghadapi kondisi ini, seperti membuat grub whatsapp, google classroom, dan chanel youtube untuk media vidio pembelajaran. Peran aktif siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran diantaranya melakukan praktek dengan panduan vidio pembelajaran dan mengumpulkan tugas portofolio tepat waktu. Simpulan dari penelitian ini, 1) Pembelajaran penjas mengalami kendala pada masa pandemi covid-19, 2) Guru penjas menerapkan strategi khusus saat pembelajaran masa pandemi covid-19, 3) Pembelajaran mengalami adaptasi situasi sesuai ketentuan dinas yang berlaku, 4) motivasi belajar siswa mengalami perubahan karena kendala dalam pembelajaran. Saran bagi pihak sekolah, kepala sekolah, guru dan siswa harus tetap menjaga protokol kesehatan demi keselamatan bersama dan merupakan usaha untuk mengembalikan situasi pembelajaran yang normal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Pandemi covid-19, Implementasi Pembelajaran
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:38
Last Modified: 16 Jan 2023 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55130

Actions (login required)

View Item View Item