SURVEI MINAT DAN MOTIVASI MASYARAKAT DALAM AKTIVITAS OLAHRAGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PASAR WISATA LAPANGAN MATARAM KOTA PEKALONGAN


Bellinda Andam Libriani, 6101418020 (2022) SURVEI MINAT DAN MOTIVASI MASYARAKAT DALAM AKTIVITAS OLAHRAGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PASAR WISATA LAPANGAN MATARAM KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101418020 - Bellinda Andam Libriani(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pasar wisata yang merupakan sebuah kegiatan mingguan yang dilakukan oleh masyarakat Kota Pekalongan sebagai tempat kegiatan di akhir pekan. Di masa pandemi ini, kegiatan tersebut sempat ditutup oleh Pemerintah Kota Pekalongan. Namun sejak diberlakukannya New normal, kegiatan ini kembali dibuka Kembali oleh Pemerintah Kota Pekalongan. Antuasias masyarakat Kota Pekalongan sangat tinggi meskipun pasar wisata sempat ditutup. Sedangkan aktivitas olahraga sendiri ialah suatu aktivitas fisik yang terstruktur yang bertujuan untuk menguatkan serta menyehatkan tubuh. Hal ini dapat memunculkan rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana minat dan motivasi masyarakat dalam aktivitas olahraga pada masa pandemi covid-19 di pasar wisata lapangan mataram Kota Pekalongan. Dalam tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar minat dan motivasi masyarakat dalam aktivitas olahraga pada masa pandemi covid-19 di pasar wisata lapangan mataram Kota Pekalongan. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survei. Dengan populasi yang digunakan masyarakat yang melakukan aktivitas olahraga di pasar wisata lapangan mataram yang dilakukan setiap minggu yang berjumlah lebih dari 110 orang. Dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 86 responden. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif presentase (DP). Teknik pengambilan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan 86 responden didapatkan data yang menunjukkan bahwa minat masyarakat dalam aktivitas olahraga pada masa pandemi covid-19 di pasar wisata lapangan mataram dikategorikan sangat tinggi yang dibuktikan dengan hasil presentase penelitian menunjukkan angka 79.68%. Sedangkan motivasi masyarakat dalam aktivitas olahraga pada masa pandemi covid-19 di pasar wisata lapangan mataram dikategorikan tinggi yang dibuktikan dengan hasil presentase penelitian menunjukkan angka 72.52%. Simpulan dari penelitian minat dan motivasi masyarakat dalam aktivitas olahraga pada masa pandemi covid-19 di pasar wisata lapangan mataram termasuk dalam kategori sangat tinggi. Saran bagi penyelenggara senantiasa meningkatkan kualitas kegiatan- kegiatan di pasar wisata lapangan mataram dengan memanfaatkan potensi yang ada sehingga dapat menarik masyarakat sekitar dalam berolahraga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat, motivasi, pasar wisata, aktivitas olahraga
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:25
Last Modified: 16 Jan 2023 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55125

Actions (login required)

View Item View Item