TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 7, 8, 11 DAN 14 KOTA PEKALONGAN


Mia Shafira Salamah, 6101418018 (2022) TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 7, 8, 11 DAN 14 KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101418018 - Mia Shafira Salamah(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah dugaan sementara terkait kondisi kebugaran jasmani siswa yang kurang baik ditandai dengan pelaksanaan pembelajaran PJOK pada siswa SMP Negeri 7, 8, 11 dan 14 di Kota Pekalongan sering dijumpai siswa yang tidak berkonsentrasi penuh dan cenderung mudah lelah saat kegiatan pembelajaran berlangsung, namun dibalik itu hasil belajar PJOK mereka masuk dalam kategori baik. Sehingga tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani dan hasil belajar pendidikan jasmani siswa, serta untuk mengetahui hubungan dan besaran nilai korelasi antara tingkat kebugaran jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa SMP Negeri 7, 8, 11, dan 14 Kota Pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan penelitian korelasional, melalui tes pengukuran dan dokumentasi berupa hasil belajar pendidikan jasmani siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7, 8, 11, dan 14 Kota Pekalongan tahun 2022 yang semuanya berjumlah 828 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditetapkan 10% dari jumlah populasi yaitu menjadi 82 siswa menggunakan teknik proposional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VIII di SMP Negeri 7, 8, 11, dan 14 Kota Pekalongan masuk dalam kategori kurang dan hasil belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran masuk dalam kategori baik. Tingkat kebugaran jasmani dan hasil belajar PJOK siswa kelas VIII di SMP Negeri 7, 8, 11, dan 14 Kota Pekalongan mempunyai hubungan yang signifikan. Dengan besaran nilai r korelasinya yaitu sebesar 0,547 menunjukkan kategori cukup kuat. Saran penulis yaitu diharapkan dari pihak sekolah untuk tetap memperhatikan kondisi kebugaran jasmani siswanya masing-masing, serta kondisi lainnya dimana hal tersebut berpengaruh juga pada hasil belajar siswa itu sendiri. Disamping itu siswa juga harus memahami kondisinya masing-masing, dan tetap harus menyadari aktivitas jasmani masih mempunyai peran sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan yang mencakup fisik, intelektual, emosional, sosial, moral, dan spiritual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebugaran jasmani, Hasil Belajar Pendidikan Jasmani.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:22
Last Modified: 16 Jan 2023 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55124

Actions (login required)

View Item View Item