SURVEI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) OLEH GURU PJOK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BIMA


Moh. Agus Irawan, 6101418015 (2022) SURVEI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) OLEH GURU PJOK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BIMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101418015 - Agus irawan(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan seorang guru harus pandai dan kreatif dalam memberikan suatu materi agar siswa memahami materi yang diberikan. Penggunaan media pembelajaran ICT (information and communication Technology) oleh guru PJOK Sekolah Menengah Pertama yang bertujuan untuk membantu proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui seberapa besar penggunaan media pembelajaran (information and communication Technology) ICT di wilayah Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei, dan mengumpulkan informasi atau data menggunakan angket dan wawancara. Sampel yang digunakan adalah guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bima dan yang memenuhi kriteria sebanyak 27 guru. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dan guru PJOK Sekolah Menengah Pertama di wilayah Kabupaten Bima. Instrumen penelitian digunakan untuk mengukur nilai dari variabel yang akan di teliti, berdasarkan jumlahnya instrument penelitian tegantung jumlah variabel yang diteliti. Pada penelitian ini Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni kuesioner. Penggunaan media pembelajaran ICT cukup membantu guru PJOK dalam proses pembelajaran. Dengan jumlah persentase rata-rata penggunaannya adalah 22,22% kategori sangat baik, 37,04% kategori baik, 33,33% kategori kurang dan 7,41% kategori sangat kurang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pengembangan materi pembelajaran menggunakan media berbasis ICT oleh guru pendidikan jasmani,olahraga, dan kesehatan yang ada di Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bima baik. Beberapa guru telah menggunakan tetapi ada beberapa guru yang belum menggunakan media pembelajaran ICT (Information and Communication Technology). Berdasarkan hasil penelitian diatas terdapat beberapa saran yang dapat disampaikan antara lain: Bagi Guru lebih dapat memanfaatkan dan mengembangkan proses pembelajaran menggunakan media ICT (Information and Communication Technology), Bagi sekolah mampu menyediakan fasilitas pembelajaran yang baik untuk membuntu melancarkan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Information and Communication Technology (ICT), Guru.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:19
Last Modified: 16 Jan 2023 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55123

Actions (login required)

View Item View Item