IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI 1 KEDUNGGALAR
Reni Tri Wahyuningtias, 6101418002 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI 1 KEDUNGGALAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya penerapan pembelajaran blended learning pada mata pelajaran PJOK yang masih memiliki beberapa kendala dalam proses pembelajarannya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran blended learning pada mata pelajaran PJOK di SMA N 1 Kedunggalar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dua guru mata pelajaran PJOK, satu staff TU dan dua puluh siswa. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Guru mata pelajaran PJOK telah menyusun perencanaan, dimulai dari menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, pembagian alokasi waktu pembelajaran, serta mempersiapakan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran blended learning. (2) Pelaksanaan pembelajaran blended learning dilakukan sesuai dengan sintaks blended learning yaitu meliputi pencarian informasi, mendiskusikan informasi, dan mengkonstruksi/merekonstruksi pengetahuan, dalam pelaksanaannya belum berjalan dengan optimal dikarenakan koneksi internet yang tidak stabil dan pembagian waktu yang singkat. (3) Evaluasi atau penilaian yang dilakukan oleh guru PJOK dalam pelaksanaan pembelajaran blended learning dilakukan dengan menggunakan aspek penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran PJOK di SMA N 1 Kedunggalar sudah dilaksanakan tetapi masih ada kendala. Penerapan ini tergambarkan melalui perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun oleh guru PJOK, pelaksanaan pembelajaran yangtelah dilaksanakan sesuai dengan sintaks blended learning, dan kegiatan evaluasi atau penilaian yang dilakukan secara tatap muka dan online. Saran yang diberikan penulis yaitu (1) bagi pihak sekolah lebih meningkatkan pemanfaatan terhadap fasilitas-fasilitas sekolah yang dapat mendukung penggunaan model pembelajaran blended learning. (2) bagi guru mata pelajaran PJOK untuk lebih meningkatkan keterampilan dan kretivitas dalam penggunaan teknologi informasi kedalam lingkungan belajar. (3) bagi siswa untuk lebih memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu sumber belajar untuk pelengkap materi pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Blended learning, Pelajaran PJOK |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 03:13 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 03:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55120 |
Actions (login required)
View Item |