PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENJARING PESERTA KEJUARAAN BOLA BASKET VIRTUAL DI MASA PANDEMI


CHANDRA MUKTI PRATAMA, 6101417171 (2021) PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENJARING PESERTA KEJUARAAN BOLA BASKET VIRTUAL DI MASA PANDEMI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417171 - CHANDRA MUKTI PRATAMA(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang dengan adanya pandemi corona yang menyebabkan terjadinya pembatasan kegiatan. Pembatasan kegiatan menjadikan pelaksanaan kejuaraan yang dilakukan secara virtual. Sehingga media promosi yang dilakukan oleh kejuaraan virtual harus dilakukan menggunakan media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur peran dari media sosial dalam menjaring peserta kejuaraan virtual bola basket di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian non eksperimen menggunakan metode survei dan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan bentuk kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden. Variabel media sosial meliputi media sosial sebagai media informasi, review produk, brand equity dan brand attitude. Pengolahan data menggunakan software IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini mendapatkan peran media sosial dalam menjaring peserta dikategorikan kuat. Media sosial dapat memiliki banyak pengaruh dalam menjaring peserta kejuaraan virtual. Media sosial yang diteliti memiliki pengaruh 48,9% dalam menjaring peserta. Pengaruh tersebut dapat didukung dengan media sosial yang sering digunakan oleh calon peserta kejuaraan virtual. Kesimpulan dari penelitian ini media sosial memiliki peran kuat untuk menjaring peserta dalam kejuaraan virtual bola basket. Pemanfaatan teknologi media sosial untuk menjaring peserta kejuaraan virtual memiliki pengaruh yang signifikan dalam segi promosi. Media sosial dapat digunakan untuk menjaring peserta karena calon peserta kejuaraan sebagian besar menggunakan media sosial dalam kesehariannya. Pengaruh ulasan dalam media sosial juga berpengaruh dalam keputusan peserta untuk mengikuti kejuaraan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Kejuaraan Virtual
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:09
Last Modified: 16 Jan 2023 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55119

Actions (login required)

View Item View Item