ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS V DI SDN LARANGAN 05 KABUPATEN BREBES
De Ajeng Nyimas Gandasari, 1401418303 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS V DI SDN LARANGAN 05 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidik memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran, karena pendidik yang akan melaksanakan pembelajaran. Oleh karena itu, pendidik harus memiliki keterampilan dasar guna mewujudkan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan dasar bertanya dan keterampilan mengadakan variasi pada pembelajaran tema 6 subtema 1 di SDN Larangan 05 Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keterampilan dasar bertanya tingkat dasar guru sudah terlaksana sesuai dengan komponen pada keterampilan bertanya tingkat dasar, seperti memberikan pertanyaan dengan jelas, memberikan acuan, memusatkan perhatian, pemindahan giliran pertanyaan kepada peserta didik yang lain, penyebaran pertanyaan secara bergiliran dengan cara guru menunjuk salah satu siswa untuk menjawab pertanyaan, selanjutnya siswa diminta memilih satu temannya untuk diberikan pertanyaan selanjutnya, guru memberikan waktu kepada siswa untuk dapat menyiapkan jawabannya serta memberikan tuntunan. Pada keterampilan bertanya tingkat lanjut, ada beberapa komponen yang masih belum terlaksana seperti dalam mengajukan pertanyaan tingkat kognitif hanya pada tingkat analisis saja dan belum sepenuhnya menerapkan pertanyaan pelacak untuk dapat menyempurnakan jawaban darisiswa. Pada keterampilan mengadakan variasi juga sudah terlaksana seperti penggunaan variasi suara, kesenyapan untuk memberikan waktu kepada siswa, melakukan kontak pandang, pindah posisi dan selalu melakukan gerakan badan dan menjelaskan materi dengan eskpresi wajah yang ceria. Pada penggunaan media, guru hanya menggunakan media visual saja. Hambatan yang dialami guru dalam menerapkan keterampilan dasar bertanya yaitu guru kurang sepenuhnya menguasai komponen, salah satunya yaitu dalam komponen keterampilan bertanya tingkat lanjut, kesadaran guru akan hambatan yang dihadapi dalam dirinya sendiri dalam menerapkan keterampilan bertanya juga masih kurang. Sedangkan hambatan dalam keterampilan mengadakan variasi yaitu kurangnya pemanfaatan sarana dan prasarana oleh guru, kurangnya penguasaan guru dalam mengemas materi yang baik, dan juga memahami karakteristik siswa Saran bagi guru hendaknya lebih menguasai komponen dalam keterampilan dasar bertanya dan keterampilan mengadakan variasi serta dapat menambah wawasannya dengan cara mengikuti kegiatan seminar, dan lain sebagainya mengenai keterampilan dasar mengajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Keterampilan Dasar Mengajar, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 08:54 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 08:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55116 |
Actions (login required)
View Item |