SURVEI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SMK NEGERI 01 PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Ridho Imam Fauzi, 6101417146 (2022) SURVEI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SMK NEGERI 01 PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417146 - Ridho Imam Fauzi(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran PJOK pada masa pandemi, kendala atau hambatan pembelajaran daring, dan kemampuan pemahaman peserta didik pada pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK di masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Fokus dan Lokus pada penelitian ini adalah dua guru dan peserta didik mata pelajaran PJOK di SMK Negeri 01 Pabelan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan cara memaparkan, mengelola, menggambarkan, dan menafsirkan hasil penelitian dengan susunan kalimat dari permasalahan yang diteliti. Pembelajaran daring PJOK di SMK Negeri 01 Pabelan menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Meet, dan Google Classroom untuk melaksanakan pembelajaran tidak dapat berjalan dengan lancar. Terjadi banyak kendala dan hambatan saat pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK yang membuat kemampuan peserta didik sulit untuk memahami sebuah materi yang di berikan oleh guru PJOK. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK di SMK Negeri 01 Pabelan, menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Classroom, dan Google Meet sebagai media pembelajaran berjalan kurang maksimal. Masih banyak ditemukan kendala yang menghambat peserta didik kesulitan untuk memahami materi pembelajaran PJOK. Guru sebagai fasilitator dalam penerapan pembelajaran daring. Padahal tidak semua guru bisa cepat untuk beradaptasi menggunakan media pembelajaran daring. Sehingga guru perlu mempelajari lagi media – media yang digunakan saat pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Daring, PJOK, Kendala
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:00
Last Modified: 16 Jan 2023 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55115

Actions (login required)

View Item View Item