PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL INFOGRAFIS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN 5 NGASEM KABUPATEN JEPARA


Dika Kumala, 1401418300 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL INFOGRAFIS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN 5 NGASEM KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418300 - Dika Kumala.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN 5 Ngasem, terdapat permasalahan pada pembelajaran IPS, masalah pada hasil belajar dari siswa yang rendah, media yang dipakai pada pembelajaran masih terbatas media buku guru dan siswa, penggunaan media pembelajaran yang hanya gambar saja menyebabkan hasil belajar siswa muatan IPS rendah. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran digital infografis pada materi sumber daya alam kelas IV SD. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran digital infografis. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran digital infografis, dan menguji keefektifan media pembelajaran digital infografis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono yang dalam penelitian ini hanya melakukan dengan 8 lengkah yakni: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 5 Ngasem Jepara pada bulan Januari sampai bulan Juni 2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 5 Ngasem Jepara sejumlah 26 siswa. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini variabel bebas yaitu media pembelajaran digital infografis dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada muatan IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes (pre-test dan post-test) dan non tes yang teridiri dari (observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket) Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran infografis pada materi sumber daya alam kelas IV SD mendapat kriteria sangat layak pada penilaian oleh ahli materi sebesar 89,77% dan ahli media sebesar 96,5%. Media ini juga efektif dengan dibuktikan pada hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel (23,949 > 2,093) maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-Gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,660 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran digital infografis layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada muatan pembelajaran IPS kelas IV SDN 5 Ngasem Jepara materi sumber daya alam. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran infografis pada materi lain dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam materi dalam media pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Infografis, hasil belajar, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:59
Last Modified: 16 Jan 2023 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55114

Actions (login required)

View Item View Item