PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MUATAN PELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SDN 6 BOJA KABUPATEN KENDAL


Ulfa Nida Nur Sya’bana, 1401418291 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MUATAN PELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SDN 6 BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418291 - ULFA NIDA NUR SYA`BANA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Boja Kabupaten Kendal pada muatan pelajaran IPA khususnya pada materi zat tunggal dan campuran. Hal ini terjadi karena keterbatasan penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan berbasis IT di Kelas V. Selain itu, metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru adalah teacher center dengan memanfaatkan buku siswa dan buku guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android dan menguji kelayakan serta keefektifan media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V di SDN 6 Boja Kabupaten Kendal. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Terdapat 2 variabel yaitu media pembelajaran berbasis android sebagai variabel bebas dan hasil belajar muatan IPA sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen validasi media, instrumen tes, dan instrumen tanggapan guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes (pretest dan posttest) dan teknik nontes (observasi, wawancara, angket dan dokumentasi). Analisis data yang digunakan adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir (uji t dan uji n-gain). Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis android yang penggunaannya menggunakan smartphone. Media yang dikembangkan terdiri dari menu KI KD, indikator, peta konsep, materi, dan bermain. Persentase penilaian ahli materi sebesar 90% dan ahli media sebesar 96,7% menyatakan bahwa media ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Rerata nilai pretest siswa yaitu 68,4 dan rerata nilai postest siswa yaitu 91,56 sehingga diperoleh hasil uji perbedaan rata-rata dengan thitung sebesar 14,23 lebih besar dari ttabel yaitu 2,13. Peningkatan rata-rata hasil pretest dan postest sebesar 0,76 berkriteria tinggi dengan persentase 76% yaitu berkriteri sangat efektif. Guru dan siswa memberi respon positif terhadap media pembelajaran berbasis android sebesar 100%. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis android berhasil diselesaikan dengan baik oleh peneliti sehingga dapat dikatakan sangat layak dan sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Boja Kabupaten Kendal. Saran agar media pembelajaran berbasis android dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Android, hasil belajar, muatan IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:55
Last Modified: 16 Jan 2023 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55111

Actions (login required)

View Item View Item