PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PESERTA DALAM MENGIKUTI KEJUARAAN DARING PERMATA SAKTI NATIONAL VIRTUAL KARATE KATA CHAMPIONSHIP AND FESTIVAL 2020


Muchamad Fajrul Falah, 6101417023 (2022) PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PESERTA DALAM MENGIKUTI KEJUARAAN DARING PERMATA SAKTI NATIONAL VIRTUAL KARATE KATA CHAMPIONSHIP AND FESTIVAL 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417023  - Muchamad Fajrul Falah(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi Covid-19 yang menyabar hampir diseluruh bagian penjuru dunia. Hal ini menyababkan terjadinya pembatasan kegiatan yang dilaksanakan diluar ruangan salah satunya yaitu menyelenggarakan event olahrag. Pembatasan kegiatan menjadikan pelaksanaan kegiatan dilakukan secara virtual. Promosi juga dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran media sosial untuk mempengaruhi keputusan peserta dalam mengikuti sebuah event. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel berupa non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dalam bentuk kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 70 responden. Variabel media sosial meliputi, media soaial sebagai media informasi, review produk, brand equity, brand attitude.Pengolahan data dihitung dalam bentuk skala likert dengan bantuan software IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa media sosial memiliki peran yang kuat dalam mempengaruhi peserta untuk mengikuti ejuaraan virtual yang dilaksanakan. Media sosial yang diteliti memiliki pengaruh sebesar 55,3% dalam mempengaruhi minat peserta untuk mengikuti event. Hal tersebut yang menyebabkan media sosial cocok untuk digunakan sebagai media untuk promosi. Simpulan dari penelitian ini bahwa media sosial memiliki peran kuat dalam mempengaruhi minat peserta untuk mengikuti kejuaraan daring permata sakti national virtual karate kata championship and festival 2020. Sangat disarankan bagi Event Organizer untuk menyebarkan informasi terkait event yang akan dilaksanakan melalui media sosial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Covid-19, Kejuaraan Virtual
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:44
Last Modified: 16 Jan 2023 02:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55106

Actions (login required)

View Item View Item