EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL DALAM MEMPROMOSIKAN KEJUARAAN RHYTHMIC GYMNASTIC ONLINE OPEN CHAMPIONSHIP DI KABUPATEN CILACAP


Amelia Maya Arvina, 6101417017 (2022) EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL DALAM MEMPROMOSIKAN KEJUARAAN RHYTHMIC GYMNASTIC ONLINE OPEN CHAMPIONSHIP DI KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417017 - Amelia Maya Arvina(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah adanya pembatasan yang diberikan oleh pemerintah karena adanya pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia. Penyelenggaraan event olahraga menjadi salah satu yang terkena dampak pembatasan tersebut. Event kejuaraan agar tetap berjalan maka dilakukan secara daring. Berkaitan dengan pelaksanaan sebuah event tidak terlepas dari sebuah promosi yang bertujuan untuk mendapatkan peserta. Media sosial adalah alternatif media untuk melakukan promosi secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media sosial apakah yang lebih efektif untuk melakukan promosi dalam sebuah event olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan pengamatan, wawancara, dan juga dokumentasi. Pemeriksaan data dengan kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Menganalisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu promosi yang dilakukan melalui whatsapp dan instagram sama – sama menyampaikan pesan dari promosi dengan baik. Mendapatkan feedback yang sama – sama positif baik di whatsapp maupun instagram. Kejelasan informasi yang diberikan melalui whatsapp dan instagram juga cukup jelas. Namun instagram lebih mampu mengundang daya tarik daripada whatsapp. Kesimpulan penelitian ini adalah jenis media sosial instagram dinyatakan lebih efektif untuk melakukan promosi secara online. Karena media sosial instagram mampu memenuhi empat indikator dari sebuah media sosial untuk media promosi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Kejuaraan Daring, Promosi
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:40
Last Modified: 16 Jan 2023 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55105

Actions (login required)

View Item View Item