SURVEI PROFIL KONDISI FISIK KEKUATAN, KECEPATAN & DAYA TAHAN U-14 (Survei Pada Pemain SSB Bina Muda Juwana Pati Tahun 2021)


Deny Ali Mahmudi, 6101416141 (2022) SURVEI PROFIL KONDISI FISIK KEKUATAN, KECEPATAN & DAYA TAHAN U-14 (Survei Pada Pemain SSB Bina Muda Juwana Pati Tahun 2021). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101416141 - Deny Ali Mahmudi (v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kondisi fisik kekuatan, kecepatan, dan daya tahan pada Pemain SSB Bina Muda Juwana Pati belum diketahui secara pasti dan belum pernah diukur sebelumnya oleh pelatih. Kondisi fisik tersebut dalam permainan sepak bola memiliki pengaruh besar dalam performa atlet-atlet usia muda. Berdasarkan latar belakang diatas peneliti mengajukan penelitian tentang Survei Profil Kondisi Fisik Kekuatan, Kecepatan & Daya Tahan U-14 (Survei Pada Pemain SSB Bina Muda Juwana Pati Tahun 2021). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kondisi fisik kekuatan, kecepatan, dan daya tahan pada atlet kelompok usia 14 SSB Bina Muda Juwana Pati Tahun 2021. Metode penelitian adalah metode survey dengan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian ini adalah atlet-atlet yang ada di SSB Bina Muda Juwana dengan jumlah atlet 20 atlet dengan kelompok usia 14 tahun. Instrumen penelitian menggunakan pengukuran kecepatan (lari sprint 50 meter), Kekuatan (Push Up dan Sit Up 1 menit), daya tahan (Lari 2,4 Km). Teknik analisis data yang dipakai dalam pengolahan data pada penelitian ini menggunakan deskriptif presentase. Hasil Penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada atlet SSB Bina Muda Juwana U-14 terhadap kondisi fisik kekuatan dengan latihan Sit Up yang memperoleh hasil baik, dan latihan Push Up yang memperoleh hasil sedang. Kondisi fisik kecepatan mendapatkan hasil keseluruhan bahwa tingkat kecepatan dilihat dari latihan lari 50 meter masuk ke dalam kategori sangat baik. Kondisi fisik daya tahan yang diukur dengan menggunakan latihan lari dengan jarak 2,4 Km kemudian dihitung waktu yang diperoleh terhadap pemain mendapatkan hasil masuk ke dalam kategori baik. Simpulan dalam penelitian ini, berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dan dibuat oleh peneliti dapat ditarik bahwa kondisi fisik kekuatan pada kelompok usia 14 tahun di SSB Bina Muda Juwana Pati Tahun 2021 dikategorikan baik. Kondisi fisik kecepatan mendapat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Fisik Kekuatan, Kecepatan, Daya Tahan
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:16
Last Modified: 16 Jan 2023 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55099

Actions (login required)

View Item View Item