PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PREZI MUATAN PELAJARAN PPKn UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN TLOGODALEM KABUPATEN WONOSOBO


Rahmawati Dwi Subekti, 1401418288 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PREZI MUATAN PELAJARAN PPKn UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN TLOGODALEM KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418288 - Rahmawati Dwisubekti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akutansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107. Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Matakuliah Analisis Vektor. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 209–222. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp209-222 Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. PT RINEKA CIPTA. Astawa, I. W. W., Putra, M., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pembelajaran PPKn dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 199–210. Asyhar, R. (2013). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press Jakarta. Azhar, A. (2016). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada. Boichuk, P., Ivanova, N., Denysenko, N., Bliashevska, A., Marchuk, S., & Knight, N. (2022). Innovative Pedagogy of Froebel through the Online Platform “ Prezi ” in Ukraine. 14(1), 233–245. https://doi.org/https://doi.org/10.18662/rrem/14.1/516 Innovative Bowyer, B., & Kahne, J. (2020). The digital dimensions of civic education : Assessing the effects of learning opportunities. Journal of Applied Developmental Psychology, 69(November 2019), 101162. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2020.101162 Budiningsih, A. (2015). Belajar dan Pembelajaran. PT RINEKA CIPTA. 137 Choirudin, et al, (2021). Development of Local Wisdom-Based Learning Media with Prezi Applications in Social Arithmetic. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 23–34. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1288 Dewi, N., Murtinugraha, E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 25–34. Divayuda, I. P. G. B. T., & Wibawa, I. M. C. (2021). Prezi-based Learning Video: Learning Media Validity and Feasibility. International Journal of Elementary Education, 5(3), 505–514. E. Kosasih. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran. PENERBIT YRAMA WIDYA. Ferdiansyah, M. I., Towaf, S. M., & Atok, A. R. Al. (2019). Pengembangan Media Computer Assisted Instruction Interaktif Dalam Mengoptimalkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 4(1), 23–28. Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Samudra Biru. Gatot, W. (2016). Penilaian dan Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Hamalik, O. (2017). Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara. Harahap, S. E. (2018). Meningkatkan Hasil Belaar PPKn Melalui Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Siswa Kelas 5 SD Negeri 164525 Tebing Tinggi. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL, 8(2), 101–109. Ikram, A. F. Z., Elvia, R., & Handayani3, D. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Presentasi Online Prezi Pada Materi Konsep MOL Terhadap Hasil Belajar Siswa. 138 Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 5(1), 64–73. Irwanto. (2020). Implementasi Multimedia I-Spring Dengan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Salat Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 65–78. Janitaria, C. (2018). Pengembangan media presentasi pembelajaran berbasis prezi pada materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan kelas x SMA N 1 Kubung. Jurnal Buana, 2(1), 350–361. Jehad, A., Saher, A., Najwan, F., & Ayshah, A. (2020). The Effect of Using Prezi Presentations in Science Teaching : Achievement and Attitudes. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 14(5), 1006–1020. Kebudayaan, K. P. dan. (2017). Modul tema 1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Paket A Setara SD/MI Tingkatan II. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Latifah, Alfiani, D. A., & Andini. (2018). Pengaruh Perkembangan Psikososial Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV MIN Kota Cirebon. AL IBTIDA: JURNAL PENDIDIKAN GURU MI, 5(2), 249–260. Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30–39. Mardhotillah, A., & Fajaria, N. H. (2021). Interactive Reading Activities By Using Know , Want , And Learn Strategy: A Descriptive Study. Jurnal Pendidikan Bahasa, 181–198. https://doi.org/10.34005/lingua.v17i2 MJ, S. (2016). Modul Untuk Program Guru Pembelajar SD Kelas Awal. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. 139 Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif. PT RajaGrafindo Persada. Mukmin, B. A., & Primasatya, N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar. 5, 211–226. Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205–221. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.466 Ningsih, D. A. S., & Komikesari, H. (2019). Kelayakan Media Pembelajaran Prezi Mengguanakan Pendekatan Saintifik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 204–209. Nurhidayah, D., Aisyah, E. S., & Nurjannah, J. (2020). PKn Dalam Kurikulum 2013. JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, Dan Kewarganegaraan), 10(1). Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. (2021). 102501. Permendikbud Nomer 57 Tahun 2014 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. (2018). Pratiwi, S. R., & Widihastrini, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Mind Mapping (PREPPING) Pada Muatan PPKn. Joyful Learning Journal, 9(1), 41–46. Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. PUSTAKA PELAJAR. 140 Restuti, M., Rusdarti, R., & Sunarso, A. (2021). The Effectiveness of PBL Model Assisted by Prezi Media on Students ’ Critical Thinking Ability and Concept Understanding. Jorunal of Primary Education, 10(4), 538–549. Rifai, A., & Anni, C. T. (2018). Psikologi Pendidikan. UNNES PRESS. Rohiman, & Anggoro, B. S. (2019). Penggunaan Prezi untuk Media Pembelajaran Matematika Materi Fungsi. Jurnal Matematika, 2(1), 23–32. Rohman, P. N., Na’im, M., & Sumardi. (2021). Pengembangan Media Berbasis Prezi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Dengan Model 4D. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 1–9. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.13054 Rusyfian, Z. (2016). Prezi. Informatika Bandung. Sakaningsih, N. M., & Margunayasa, I. G. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Berbantuan Media Audio-Visual dan Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 124–133. Saputri, O. F. W., & Tirtoni, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V SD Muhammadiyah 1 Krembung Pada Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah FKIP, 7(2), 628–637. Sari, E. R. N., & Fauzi, R. U. A. (2019). Implementation Of Prezi Media To Improve Understanding Of Students In English Learning. Jorunal Bahasa & Pengajarannya, 4(1), 13–22. Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. PT RINEKA CIPTA. Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. 231–243. Solano, M. L., Robinson, S., Allen, M. W., Reyes-marcelino, G., Espinoza, D., Beswick, B., Tse, D. H. K., Ding, L., Humphreys, L., Kemenade, C. Van, 141 Dobbinson, S., Smit, A. K., & Cust, A. E. (2022). Effect of an interactive educational activity using handheld ultraviolet radiation dosimeters on sun protection knowledge among Australian primary school students. Preventive Medicine Reports, 25, 101690. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2021.101690 Solehudin, T., Triwoelandari, R., & Kosim, A. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Prezi Untuk Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 163–171. Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya. Sudjana, N., & Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Penerbit Sinar Baru Algensindo Bandung. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA. Sumarlia, A., Ruhiat, Y., & Fadlullah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 8(1). Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Susanti, A., Mustadi, A., & Susiloningsih, E. (2019). The Improvement in Poetry Writing Skills by Using Prezi in the Primary School. Mimbar Sekolah Dasar, 6(1), 92–104. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i1.14557 Susanti, D. A. (2018). Use Of Picture And Picture Model Based On Multimedia With Internalize Character Education On Language Civilized Educational Learning. Journal of Elementary Education, 2(1), 13–24. Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. PRENADAMEDIA GROUP. Tias, D. M., Astalini, & Pathoni, H. (2019). Desain Media Pembelajaran Fisika 142 Menggunakan Software Prezi Berbasis Scientific Materi Tata Surya Kelas VIII. Edufisika:Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 69–78. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.). http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.88.5042&rep=rep1&t ype=pdf%0Ahttps://www.ideals.illinois.edu/handle/2142/73673%0Ahttp://www .scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0- 33646678859&partnerID=40&md5=3ee39b50a5df02627b70c1bdac4a60ba%0A htt Ustun, A. B. (2019). Students Experiences in Learning and Using Prezi in Higher Education. Journal of Faculty of Education, 8(3), 928–946. https://doi.org/10.14686/buefad.552138 Vidiasti, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Prezi pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas XI di SMA N 1 Pakel. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(1), 88–94. Wadu, L. B., Darma, I. P., & Ladamay, I. (2019). Pengintegrasian Nilai Moral Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 66–70. Wanto, S., Okilanda, A., Arisman, Lanos, M. E. C., Putra, D. D., Lestari, H., Awali, M., & Oktariyana. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Jurnal PkM Ilmu Pendidikan, 3(2), 46–55. Widowati, C., & Purwanto, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Makhluk Hidup. 115–119. Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian Hasil Belajar di Sekolah. PUSTAKA PELAJAR. 143 Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. PUSTAKA PELAJAR. Windu, I. G. N. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Dengan Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Google Classroom. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(2), 1–14.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Prezi; PPKn; Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:43
Last Modified: 16 Jan 2023 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55092

Actions (login required)

View Item View Item