KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS (TTA) BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS III SDN PURWOSARI 01 KABUPATEN PATI


Amirunisa Intan Kirana, 1401418286 (2022) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS (TTA) BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS III SDN PURWOSARI 01 KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418286 - Amirunisa Intan K.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan secara utuh mengintegrasikan filsafat, nilai, dan moral Pancasila dengan keseluruhan tuntutan psikopedagogis dan sosio-kultural warga negara dalam konteks pembudayaan Pancasila. Berdasarkan hasil identifikasi masalah di SD Negeri Purwosari 01, penerapan model Konvensional yakni metode ceramah yang digunakan guru kelas III dalam membelajarkan PPKn belum terprogram dengan baik, pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal dan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran mengakibatkan hasil belajar PPKn pada Kelas III rendah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran Time Token Arends berbantuan media Audiovisual dengan model konvensional metode ceramah untuk meningkatkakn hasil belajar PPKn siswa kelas III SD dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran PPKn dengan model pembelajaran Time Token Arends berbantuan media Audiovisual pada siswa kelas III SDN Purwosari 01 Pati Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental berbentuk nonequivalent control group design dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sehingga diperoleh SDN Purwosari 01 kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, observasi, dan tes hasil belajar. Sebelum dilakukan analisis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas kemudian uji homogenitas.Analisis data penelitian menggunakan uji t-test, N-Gain. Berdasarkan uji t-test Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84,85 dan kelas kontrol sebesar 68,88.. Setelah dibandingkan maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga terbukti model pembelajaran Time Token Arends Berbantuan Media Audiovisual lebih efektif dibandingkan model Konvensional dengan metode ceramah untuk meningkatkan hasil belajar PPKn. Oleh karena itu, model Time Token berbantuan media Audiovisual dapat dijadikan alternatif pembelajaran bagi guru. Pengamatan aktivitas siswa dalam penelitian sebagai data pendukung model time token berbantuan media audiovisual yang dinilai melalui lembar pengamatan. Presentase aktivitas siswa pada pembelajaran pertama sebesar 83,33%. Pembelajaran kedua meningkat menjadi 91.5%. Rata rata nilai presetase pada kelas eksperimen adalah 87,41% dimana termasuk dalam kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audiovisual; hasil belajar PPKn;Time Token Arends;metode ceramah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:33
Last Modified: 16 Jan 2023 01:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55091

Actions (login required)

View Item View Item