PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS IV SDN 2 ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN


Aulia Firdausi Azzaki, 1401418285 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS IV SDN 2 ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418285 - Aulia Firdausi Azzaki.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terdapat di SDN 2 Adimulyo Kebumen dalam pembelajaran PPKn terkait penggunaan media pembelajaran yang terbatas, kurang inovatif dan menarik untuk mendorong semangat belajar siswa. Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Mengembangkan media pembelajaran flipbook interaktif berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn kelas IV SDN 2 Adimulyo Kebumen, (2) Menguji kelayakan media pembelajaran flipbook interaktif berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn kelas IV SDN 2 Adimulyo Kebumen, (3) Menguji keefektifan media pembelajaran flipbook interaktif berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn kelas IV SDN 2 Adimulyo Kebumen. Penelitian yang digunakan berupa Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Peneliti hanya menggunakan 8 langkah dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya serta kemampuan dari peneliti. Populasi seluruh siswa kelas IV SDN 2 Adimulyo Kebumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Penggunaan media flipbook interaktif berbasis kearifan lokal sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian ahli media sebesar 97,9% dan kelayakan isi ahli materi sebesar 88,33%, dan mendapat respon positif dengan presentase tanggapan guru 95,5% dan presentase tanggapan siswa 95%. Hasil perhitungan uji t diperoleh nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,050 menunjukan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) sebesar 0,44 dengan kriteria sedang. Penilaian tersebut menunjukan media efektif digunakan dalam pembelajaran. Media pembelajaran flipbook interaktif berbasis kearifan lokal layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan PPKn materi keragaman di Indonesia. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran flipbook interaktif berbasis kearifan lokal pada muatan pelajaran lain dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam media flipbook.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Flipbook; PPKn; hasil belajar; kearifan lokal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:24
Last Modified: 16 Jan 2023 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55090

Actions (login required)

View Item View Item