KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SDN GUGUS MEKARSARI TEMANGGUNG


Istiqomah, 1401418284 (2022) KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SDN GUGUS MEKARSARI TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418284 - ISTIQOMAH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN Gugus Mekarsari Wonoboyo Temanggung diperoleh data bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran direct instruction, terlihat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini didukung dengan hasil belajar muatan pelajaran IPA yang kurang maksimal dikarenakan model pembelajaran yang kurang efektif. Pada kegiatan pembelajaran ditemui juga rendahnya aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran kurang berpartisipasi. Hal ini perlu adanya perlakuan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media prezi, sehingga memungkinkan siswa lebih mudah dalam memahami materi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan model contextual teaching and learning berbantuan media prezi terhadap hasil belajar muatan pelajaran IPA dan mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen, dengan jenis desain yang digunakan yaitu quasi eksperimental bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 72,40 dan kelas kontrol sebesar 64,60. Hasil rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol (0,49>0,19), hal tersebut termasuk kategori sedang. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,545 > 1,677) artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kelas kontrol. Hasil pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model contextual teaching and learning berbantuan media prezi lebih efekti diterapkan pada muatan pelajaran IPA siswa kelas V SDN Gugus Mekarsari Wonoboyo Temanggung dibandingkan dengan model direct instruction. Saran pada pelaksanaan model contextual teaching and learning berbantuan media prezi, pendidik hendaknya melakukan persiapan terlebih dahulu dengan memahami materi, mampu berperan sebagai fasilitator dan motivator dalam kegiatan diskusi, dan menyusun perencanaan pembelajaran yang lebih efektif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: akivitas siswa, contextual teaching and learning, hasil belajar, IPA, keefektifan, media prezi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:17
Last Modified: 16 Jan 2023 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55089

Actions (login required)

View Item View Item