PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS III SDN 03 PURWOYOSO KOTA SEMARANG


BAGAS RAFI AMUKTI, 1401418282 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS III SDN 03 PURWOYOSO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418282 - Bagas Rafi Amukti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN 03 Purwoyoso melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, terdapat permasalahan dalam pembelajaran PPKn terkait penggunaan media pembelajaran yang terbatas, kurang inovatif dan menarik untuk mendorong semangat belajar siswa. Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Mengembangkan media pembelajaran e-comic berbasis literasi digital pada muatan pelajaran PPKn kelas III SDN 03 Purwoyoso, (2) Menguji kelayakan media pembelajaran e-comic berbasis literasi digital pada muatan pelajaran PPKn kelas III SDN 03 Purwoyoso, (3) Menguji keefektifan media pembelajaran e-comic berbasis literasi digital pada muatan pelajaran PPKn kelas III SDN 03 Purwoyoso. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 03 Purwoyoso. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan pengembangan media pembelajaran e-comic berbasis literasi digital sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian ahli media sebesar 97,05% dan kelayakan isi ahli materi sebesar 81,66%, dan mendapat respon positif dengan presentase tanggapan guru 100% dan presentase tanggapan siswa 100%. Hasil perhitungan uji t diperoleh nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,050 menunjukan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) sebesar 0,72 dengan kriteria tinggi. Penilaian tersebut menunjukan media efektif digunakan dalam pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran e-comic berbasis literasi digital layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan PPKn materi arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran e-comic berbasis literasi digital pada muatan pelajaran lain dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam media e-comic

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media E-Comic; PPKn; hasil belajar; arti gambar pada lambang negera “Garuda pancasila”.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:13
Last Modified: 16 Jan 2023 01:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55088

Actions (login required)

View Item View Item