PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CANPIZA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN SEWUKAN 1 KABUPATEN MAGELANG


Fina Fatonah, 1401418280 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CANPIZA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN SEWUKAN 1 KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418280 - Fina Fatonah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Pra-penelitian yang dilakukan di SD Negeri Sewukan 1 ditemukan permasalahan dalam pembelajaran IPA yang berkaitan dengan media pembelajaran yang kurang inovatif dan belum menerapkan media berbasis IT, kesulitan peserta didik dalam memahami materi, dan keterbatasan fasilitas yang ada disekolah yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik masih rendah. Maha dari itu peneliti mengembangkan media pembelajaran Canpiza pada muatan pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran Canpiza. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji langkah mengembangkan media, menguji kelayakan dan menguji keefektifan media pembelajaran Canpiza. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau disebut dengan Research and Development (R&D). Pada penelitian ini peneliti hanya menggunakan 8 tahap model pengembangan yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Sewukan 1 sejulah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian dengan menunjukkan bahwa media pembelajaran Canpiza sangat efektif digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 100%, kelayakan materi oleh ahli materi sebesar 90,63%. Media ini jugaefektif digunakan dibuktikan dengan peningkatan hasil rata-rata pretest pada uji kelompok besar 60,93% sedangkan ada rata-rata posttest yaitu 86,38%. Hasil uji perbedaan rata-rata dengan uji t menujukkan bahwa sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikasn anatar pretest dan posttest. Sedangkan hasil uji peningkatan rata-rata (N-Gain) menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata sebesar 0,61 dan termasuk ke dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran Canpiza pada muatan pembelajaran IPA layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada muatan pembelajaran IPA materi Zat Tunggal dan Campuran kelas V SD Negeri Sewukan 1 Kabupaten Magelang. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran Canpiza pada materi lainnya dengan memperbaiki desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam media pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Canpiza, IPA, Media Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:08
Last Modified: 16 Jan 2023 01:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55086

Actions (login required)

View Item View Item